Hasil MotoGP Catalunya 2023, Francesco Bagnaia Selamat dari Maut

Francesco Bagnaia High Side

MENIT.CO.ID – Hasil MotoGP Catalunya 2023 adalah pembalap Ducati Lenovo Francesco Bagnaia selamat dari maut saat insiden highside di tikungan kedua.

MotoGP Catalunya yang berlangsung pada Minggu (39/2023) berlangsung cukup mengerikan bagi seluruh penonton dan para pembalap yang sedang berlaga.

Selepas lampu merah padam, ada insiden kecelakaan yang melibatkan beberapa pembalapa di tikungan pertama. Tak lama setelah itu insiden highside menimpa Francesco Bagnaia.

Dalam tayangan ulang memperlihatkan detik-detik anak didik Valentino Rossi itu mengalami highside cukup hebat. Tubuhnya terpental dan tergeletak di tengah jalan.

Nahasnya, kaki Francesco Bagnaia mengalami insiden yang tak terelakan dan harus dilindas pembalap lain yaitu Bard Binder dari pembalapan KTM Factory Racing.

Pada kejadian yang menimpa Pecco Bagnaia ini, pihak penyelenggara MotoGP langsung mengibarkan bendera merah sebagai tanda bahwa balapan dihentikan sementara.

Petugas medis langsung mengerahkan mobil ambulance mendekati pembalap Ducati Lenovo yang sudah tergeletak ditengah jalan karena mengalami kesakitan akibat insiden highside.

Tidak begitu lama, sorot kamera MotoGP mengarah ke petugas yang mengangkat Pecco Bagnaia ke dalam mobil ambulance. Acungan jempol pun terlihat jelas.

Di mana acungan jempol dari petugas tersebut mengisyaratkan, bahwa kondisi Francesco Bagnaia dalam keadaan sadar usia terlibat insiden mengerikan di MotoGP Catalunya 2023 tersebut.

Kondisi Pecco Bagnaia Usai Highside

Pecco Bagnaia mengalami insiden yang mengerikan saat berlomba di MotoGP Catalunya, namun beruntungnya, situasi tersebut berakhir dengan baik bagi semua pihak.

Kejadian ini terjadi setelah Bagnaia melewati tikungan kedua dalam balapan MotoGP Catalunya, beberapa saat setelah terjadi kecelakaan massal di tikungan pertama.

Bagnaia mengalami highside yang mengakibatkannya terlempar dari motornya dan jatuh di lintasan. Saat insiden ini terjadi, balapan masih dalam tahap awal dan jarak antara pembalap masih sangat dekat.

Brad Binder, yang berada di belakang Bagnaia, tidak memiliki cukup waktu untuk menghindari tabrakan. Akibatnya, kaki Bagnaia tertindih oleh motor Binder.

Setelah insiden ini, perlombaan dihentikan dengan red flag. Bagnaia terluka di lintasan dan mendapatkan perawatan medis pertama oleh tim medis. Kemudian, ia dibawa keluar dari sirkuit dengan ambulans.

Meskipun insiden ini terlihat mengerikan, Bagnaia beruntung karena kondisinya tidak serius seperti yang terlihat pada awalnya.

Setelah pemeriksaan awal, dr. Angel Charte, Direktur Medis MotoGP, mengonfirmasi bahwa Bagnaia hanya mengalami cedera ringan. “Kami mendeteksi cedera ringan,” kata Charte.

Ducati juga memberikan kabar positif tentang kondisi pembalap Italia ini. Mereka menyatakan bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan berlebihan tentang kondisi Bagnaia.

“Itu adalah momen yang sangat mencekam, tapi kami sangat bersyukur bahwa Pecco Bagnaia aman dan sehat! Sampaikan doa terbaik Anda untuk Pecco kami!” tulis Ducati dalam pernyataannya.

Bagnaia juga segera memberikan pernyataan melalui media sosialnya. Ia berkomitmen untuk berusaha keras agar dapat berpartisipasi dalam balapan di Misano pada akhir pekan ini.

“Kami akan melakukan segala yang kami bisa untuk berada di Misano,” kata Bagnaia dalam pernyataannya yang dikutip dari laman resmi MotoGP.

Harapan Bagnaia untuk kembali ke lintasan di Misano tampaknya bukanlah hal yang tidak mungkin, karena meskipun masih memerlukan tongkat penyangga, ia sudah dapat berjalan.

“Saya sangat beruntung hari ini. Saya harus bersyukur. Terkadang seorang pembalap memerlukan keberuntungan,” ucap Bagnaia.

Hasil MotoGP Catalunya 2023

Meski diwarnai drama kecelakaan mengerikan dalam perlombaan balap motor kelas dunia ini, namun pihak penyelenggara MotoGP melanjutkan balapan kembali.

Berikut adalah hasil lengkap MotoGP Catalunya 2023 yang berlangsung pada Minggu (3/9):

1. Aleix Esapargaro (aprilia)
2. Maverick Vinales (Aprilia)
3. Jorge Martin (Pramac Racing)
4. Johann Zarco (Pramac Racing)
5. Miguel Oliveira (Aprilia RNF)
6. Alex Marquez (Gresini Racing)
7. Fabio Quartararo (Yamaha)
8. Jack Miller (KTM)
9. Augusto Fernandez (Tech3 Gas Gas Factory Racing)
10. Fabio di Giannantonio (Gressini Racing)
11. Luca Marini (Mooney VR46)
12. Marco Bezzecchi (Mooney VR46)
13. Marc Marquez (Repsol Honda)
14. Franco Morbidelli (Yamaha)
15. Takaaki Nakagami (LCR Honda)
16. Iker Lecuona (LCR Honda)
17. Joan Mir (Repsol Honda)

DNF

18. Brad Binder (KTM)
19. Pol Espargaro (Tech3 Gas Gas Factory Racing)
20. Raul Fernandez (Aprilia RNF)
21. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo)
22. Enea Bastianini (Ducati Lenovo)