Hasil MotoGP Italia 2024: Francesco Bagnaia Juara

Hasil MotoGP Italia 2024, Francesco Bagnaia Juara
Hasil MotoGP Italia 2024, Francesco Bagnaia Juara. (motogp.com)

MENIT.CO.ID – Hasil MotoGP Italia 2024 di Sirkuit Mugello pada Minggu (2/6/2024) keluar sebagi juara adalah Francesco Bagnaia dari Ducati Lenovo.

Francesco Bagnaia tetap unggul saat memasuki lap ke-12, sementara Marc Marquez berusaha keras untuk merebut posisi ketiga.

Balapan yang berlangsung selama 23 putaran ini diawali dengan Jorge Martin di posisi pole, disusul oleh Maverick Vinales dan Marc Marquez.

Enea Bastianini dan Francesco Bagnaia melengkapi lima besar, meskipun Bagnaia harus turun tiga posisi akibat penalti.

Begitu balapan dimulai, Jorge Martin langsung melesat memimpin, namun Bagnaia dengan cepat mengambil alih posisi terdepan setelah tikungan pertama.

Bastianini juga berhasil menempati posisi ketiga, sementara Marc Marquez terlempar dari tiga besar.

Setelah lima putaran, posisi tiga besar tetap tidak berubah dengan Bagnaia di depan, diikuti oleh Martin dan Bastianini. Ketiganya bersaing ketat dengan selisih kurang dari 0,5 detik.

Pada lap ke-12, Bagnaia tetap memimpin dengan selisih 0,570 detik dari Martin, sementara Bastianini terus dibayangi oleh Marc Marquez dengan selisih hanya 0,209 detik.

Francesco Bagnaia Menangi MotoGP Italia 2024

Francesco Bagnaia berhasil menjadi pemenang MotoGP Italia 2024, membawa Ducati menguasai empat posisi terdepan.

Dalam balapan di Autodromo Internazionale del Mugello, Bagnaia mencatat waktu 40 menit 51,385 detik untuk menyelesaikan 23 putaran.

Enea Bastianini finis di posisi kedua, tertinggal 0,799 detik dari Bagnaia, sementara Jorge Martin menempati posisi ketiga.

Marc Marquez dari Gresini Racing menyelesaikan balapan di posisi keempat, mempertegas dominasi Ducati. Pedro Acosta dari GasGas melengkapi lima besar.

Kemenangan ini menandai kemenangan keempat Bagnaia di MotoGP 2024, setelah sebelumnya menang di MotoGP Qatar, Spanyol, dan Catalunya.

Di sisi lain, Marc Marquez gagal melanjutkan tren podium setelah sebelumnya selalu meraih podium di MotoGP Spanyol, Prancis, dan Catalunya.

Dengan hasil ini, Jorge Martin masih memimpin klasemen MotoGP 2024 dengan 171 poin, diikuti oleh Bagnaia dengan 153 poin.

Jalannya Balapan MotoGP Italia 2024

Bagnaia langsung melesat saat start, merebut posisi terdepan. Jorge Martin berada di urutan kedua, diikuti oleh Bastianini dan Marc Marquez. Pada lap ketujuh, Joan Mir mengalami kecelakaan di tikungan pertama dan gagal melanjutkan balapan.

Hingga delapan lap berlangsung, Bagnaia masih dominan di posisi terdepan dengan Martin dan Bastianini menguntit di belakangnya. Ducati mendominasi balapan ini dengan menguasai empat posisi terdepan hingga sembilan lap tersisa.

Marc Marquez terus berusaha merebut posisi ketiga dari Bastianini, dengan jarak keduanya hanya 0,137 detik. Usaha Marquez akhirnya membuahkan hasil pada lap ke-18 saat ia berhasil menyalip Bastianini di tikungan pertama.

Namun, pada lap ke-22, Bastianini kembali merebut posisi ketiga dari Marquez dan bahkan berhasil naik ke posisi kedua, menyalip Jorge Martin di lap terakhir. Ducati pun merayakan finis 1-2 dengan Bagnaia yang tidak terkejar di posisi pertama.

Hasil MotoGP Italia 2024

Berikut hasil lengkap balapan MotoGP Italia 2024 di Sirkuit Mugello:

  1. Francesco Bagnaia, Ducati Lenovo 1:45.900
  2. Enea Bastianini, Ducati Lenovo
  3. Jorge Martin, Prima Pramac Racing
  4. Marc Marquez, Gresini Racing
  5. Pedro Acosta, Red Bull GASGAS Tech3
  6. Franco Morbidelli, Prima Pramac Racing
  7. Fabio Di Giannantonio, Pertamina Enduro VR46 Racing
  8. Maverick Vinales, Aprilia Racing
  9. Alex Marquez, Gresini Racing
  10. Brad Binder, Red Bull KTM Factory Racing
  11. Aleix Espargaro, Aprilia Racing
  12. Raul Fernandez, Trackhouse Racing
  13. Marco Bezzecchi, Pertamina Enduro VR46 Racing
  14. Miguel Oliveira, Trackhouse Racing
  15. Alex Rins, Monster Energy Yamaha
  16. Jack Miller, Red Bull KTM Factory Racing
  17. Pol Espargaro, Red Bull KTM Factory Racing
  18. Fabio Quartararo, Monster Energy Yamaha
  19. Johann Zarco, LCR Honda Casrtol
  20. Luca Marini, Repsol Honda
  21. Lorenzo Savadori, Aprilia Racing
  22. Takaaki Nakagami, LCR Honda Idemitsu (DNF)
  23. Joan Mir, Repsol Honda (DNF)
  24. Augusto Fernandez, Red Bull GASGAS Tech3 (DNF).