Hengky Kurniawan Perjuangkan Nasib Tenaga Honorer Bandung Barat

Hengky Kurniawan

MENIT.CO.ID – Hengky Kurniawan adalah Plt Bupati Bandung Barat bakal nego tentang tentang tenaga honorer dihapus kepada MenpanRB dan Mendagri.

Hengky Kurniawan tak tega melihat ribuan orang yang saat ini bekerja sebagai TKK atau honorer di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat terancam.

Menurut pria kelahiran Blitar ini, jika kebijakan ini diberlakukan maka akan tibul gelombang baru pengangguran cukup tinggi di wilayah Kabupaten Bandung Barat.

Dari data Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) KBB, ada 3.600 honorer yang tersebar di berbagai organisasi perangkat daerah.

“Kemarin saya sempat menghubungi beliau dan meminta waktunya. Insya Allah saya akan ke Jakarta dan bertemu beliau,” kata Hengky Kurniawan, Selasa (14/6/2022).

Kebijakan pusat tentang penghapusan pegawai non-ASN tertuang dalam Surat Edaran Menteri PANRB B/185/M.SM.02.03/2022.

Dalam aturan itu penghapusan pegawai honorer harus dilakukan maksimal 28 November 2023.

Hengky berharap, usai bertemu Menpan RB dan Kemendagri bisa menghasilkan solusi untuk tenaga kontrak tersebut, apakah akan ada P3K atau lainnya.

“Kan bisa solusi yang lain juga, seperti outsourcing. Itu juga bisa sebagai solusi dan harus diupayakan,” tambahnya.

Selain konsultasi kepada Menpan RB, Hengky telah menyiapkan program Petani dan Peternak Zilenial. Melalui program itu honorer bisa tetap bekerja di ruang tersebut.

Sebagaimana kita ketahui, Hengki Kurniawan adalah aktor, model, politikus Indonesia dan menjabat sebagai Pelaksana Tugas Bupati Bandung Barat periode 2018–2023.