Inilah Sosok Hakim Agung Gazalba Saleh Tersangka Dugaan Suap

Hakim Agung Gazalba Saleh

Menit.co.id – Inilah sosok Hakim Agung Gazalba Saleh tersangka dugaan suap penanganan perkara di Mahkamah Agung oleh Komisi Pemberantasan Korupsi.

Komisi Pemberantasan Korupsi alias KPK menetapkan Hakim Agung Gazalba Saleh sebagai tersangka kasus dugaan suap penanganan perkara di Mahkamah Agung (MA).

Sosok Hakim Agung Gazalba Saleh di Mahkamah Agung RI yang menjadi tersangka KPK merupakan Alumni S1 Ilmu Hukum Universitas Hasanuddin atau Unhas Makassar.

Gazalba Saleh yang menjadi tersangka Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini merupakan alumni S2 dan S3 Ilmu Hukum Universitas Padjajaran atau Unpad Bandung.

Dr Gazalba Saleh SH MH adalah seorang Hakim Agung Mahkamah Agung (MA) dengan asal dari Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kabarnya Gazalba kini adalah tersangka baru KPK dalam dugaan kasus suap penanganan perkara di MA.

Penetapan Gazalba Saleh sebagai tersangka KPK pada Kamis (10/11) dalam pengembangan kasus dugaan suap yang sebelumnya juga menjerat Hakim Agung MA nonaktif Sudrajad Dimyati dan kawan-kawan.

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron tak membantah soal penetapan tersangka baru tersebut.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan seorang hakim agung di Mahkamah Agung (MA) sebagai tersangka dugaan suap di duga terlibat dalam perkara rasuah baru pengurusan perkara di lembaga itu.

Menurut Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, hal itu terungkap dari hasil pengembangan perkara dugaan suap yang melibatkan Hakim Agung Sudrajad Dimyati.

Lantas siapa sosok, profil, biodata, serta sepak terjang Gazalba Saleh yang ditetapkan sebagai tersangka KPK tersebut?

Gazalba Saleh resmi menjadi Hakim Agung di Mahkamah Agung RI sejak 7 November 2017 silam. Dia dilantik dan diambil sumpahnya sebagai salah satu hakim agung oleh Ketua Mahkamah Agung, M Hatta Ali.

Pelantikan dan pengambilan sumpah itu berdasarkan Surat Keputusan (SK) Presiden Republik Indonesia Joko Widodo Nomor: 117/P Tahun 2017 tertanggal 26 Oktober 2017.

Gazalba Saleh SH MH adalah pria kelahiran Bone, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Dia menyelesaikan jenjang pendidikan strata 1 (S1) Jurusan Hukum Internasional Fakultas Hukum atau FH Makassar, Provinsi Sulsel.

Gazalba juga tercatat menyelesaikan pendidikan strata 1 (S2) dan strata 3 (S3) di Unpad Bandung, Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Sebelum menjabat sebagai Hakim Agung MA, Gazalba juga adalah dosen Universitas Narotama Surabaya, Provinsi Jawa Timur (Jatim).