Jadwal Debat Cawapres 2024, Ini Waktu dan Temanya

Jadwal Debat Cawapres 2024
Cawapres nomor urut satu Muhaimin Iskandar (kanan), berbincang dengan Cawapres nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka (tengah) dan Cawapres nomor urut tiga Mahfud MD (kiri) dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta. ANTARA FOTO

MENIT.CO.IDJadwal debat Cawapres 2024 sekarang ini sangat dinanti-nanti masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, ini waktu dan tema debat Cawapres 2024.

Debat pertama calon presiden (capres) digelar pada malam Selasa, 12 Desember 2023. Debat ketiga capres tersebut menghadirkan tema-tema menarik, seperti pemerintahan, hukum, pemberantasan korupsi, hak asasi manusia (HAM), penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga. Setelahnya, akan dilanjutkan dengan debat para calon wakil presiden (cawapres).

Sebelum pelaksanaan debat, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan jadwal debat capres dan calon wakil presiden (cawapres) dalam lima sesi. Sesi pertama dan ketiga untuk capres, sedangkan sesi kedua, keempat, dan kelima untuk cawapres. Kapan jadwal debat cawapres?

Jadwal dan Tema Debat Cawapres 2024

Debat perdana cawapres akan diselenggarakan pada Jumat, 22 Desember 2023. Tema yang akan dibahas mencakup:

  • Investasi.
  • Ekonomi (kerakyatan dan digital).
  • Keuangan.
  • Pajak (digital).
  • Perdagangan.
  • Perkotaan.
  • Infrastruktur.
  • Pengelolaan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) dan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

Cawapres yang akan mengikuti debat perdana ini adalah Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Gibran Rakabuming Raka, dan Mohammad Mahfud Mahmodin (Mahfud Md).

Format Debat Capres-Cawapres

Ketua KPU, Hasyim Asyari, menjelaskan bahwa pasangan capres-cawapres wajib hadir di setiap sesi debat, meskipun hak bersuara hanya diberikan kepada capres atau cawapres sesuai porsi debat. Hasyim menyatakan bahwa capres memiliki hak penuh saat debat capres, dan cawapres saat debat cawapres.

Meskipun pasangan capres-cawapres hadir di setiap segmen, mereka tidak diberi kesempatan untuk menyampaikan pendapat, yang menjadi tanggung jawab calon presiden dan calon wakil presiden. Hasyim memberikan jawaban ambigu ketika ditanya tentang interaksi dan bantuan antar-pasangan selama debat.

Aturan Debat Capres-Cawapres

KPU telah menerbitkan tata cara pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu), termasuk aturan terkait kampanye dan debat. Hal ini diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) No. 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilihan Umum. Beberapa poin penting dalam aturan tersebut meliputi:

  • Capres dan/atau cawapres yang mengikuti debat wajib hadir tanpa mendelegasikan ke orang lain.
  • Capres dan/atau cawapres yang tidak mengikuti debat karena melaksanakan ibadah harus membuktikannya dengan surat keterangan dari Kementerian Agama.
  • Capres dan/atau cawapres yang tidak mengikuti debat karena alasan kesehatan harus memberikan surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah.