Kasus Gus Samsudin Jadi Tersangka Video Viral Tukar Pasangan

Kameramen dan Editor Jadi Tersangka Kasus Video Viral Tukar Pasangan

MENIT.CO.ID – Kasus Gus Samsudin yang bermula dari konten video viral tukar pasangan berujung penetapan tersangka oleh Polda Jawa Timur.

Dalam kasus Gus Samsudin ini, Polda Jawa Timur tidak hanya menetapkan Samsudin sebagai tersangka, tapi beberapa sudah dikantongi pihaknya.

Baru-baru ini, jagat media sosial dihebohkan dengan sebuah video pengajian yang membahas tentang bolehnya bertukar pasangan. Video tersebut diunggah di akun YouTube Mbah Den (Sariden) milik Gus Samsudin.

Akibat kontroversi tersebut, Gus Samsudin kini telah ditetapkan sebagai tersangka oleh pihak kepolisian. Dilansir dari detikJatim, polisi menyatakan bahwa kemungkinan akan ada tersangka baru dalam kasus ini.

Pemeriksaan terhadap Gus Samsudin dan 2 orang lainnya yang terlibat dalam pembuatan video tersebut telah dilakukan. Dari hasil pemeriksaan terhadap 13 saksi, polisi akhirnya menetapkan Gus Samsudin sebagai tersangka dan menahannya.

“Calon tersangka lain ada, tapi kita masih mendalami perannya sejauh mana. (Saat ini) 1 tersangka tapi calon tersangka lain sudah ada namanya,” ungkap AKBP Charles Tampubolon, Kasubdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jatim kepada awak media pada hari Jumat (1/3).

Meskipun konten video tersebut diklaim sebagai konten fiktif, namun pihak kepolisian masih terus mendalami peran masing-masing pihak yang terlibat. Hal ini dikarenakan konten tersebut dianggap bertentangan dengan undang-undang dan telah menimbulkan keresahan di masyarakat.

“Kita sekarang masih fokus ke Samsudin yang membuat dan rekannya yang membantu membuat video tersebut dan upload ke media sosial sehingga menyebabkan keonaran,” kata Charles.

“Meskipun itu fiksi, skenario, atau sandiwara, tapi dalam undang-undang itu diatur tidak bisa dilakukan karena membuat resah di masyarakat,” tandasnya.