Kebakaran Pelabuhan Jongor Tegal, 52 Kapal Hangus Terbakar

Kebakaran Pelabuhan Jongor Tegal

MENIT.CO.ID – Kebakaran pelabuhan Jongor Tegal setidaknya membuat 52 kapal nelayan hangus terbakar. Berikut adalah rangkuma peristiwa kebakarannya.

Kebakaran pelabuhan jongor Tegal membuat 52 kapal nelayan hangus terbakar. Perkiraan kerugian akibat musibah ini di total mencapap Rp 150 miliar rupiah.

Direktur Kepolisian Air dan Udara Polda Jawa Tengah Kombes Pol Hariadi mengatakan, taksiran kerugian itu dengan menghitung harga per kapal senilai Rp 3 miliar.

“Taksiran awal kalau per kapal harganya Rp 3 miliar, bisa mencapai Rp150 miliar,” kata Hariadi di lokasi kebakaran Pelabuhan Jongor, Tegal, Selasa (15/8).

Setidaknya ada 52 kapal nelayan yang sandar di Pelabuhan Jongor itu merupakan milik 26 pengusaha. Semua kapal tersebut ludes dilalap api lantaran jarak sandar yang cukup dekat.

Sehingga api yang diduga berawal dari KM Kurnia Jaya, dengan cepat merembet ke kapal-kapal lain. Dikatakan Hariadi, peristiwa kebakaran di pelabuhan itu sudah kali ketiga terjadi.

Oleh karena itu, evaluasi akan dilakukan. Selain itu, upaya penanganan mesti cepat diselesaikan. Sehingga kegiatan bongkar muat di pelabuhan Jongor bisa kembali normal.

Gubernur Jateng Minta Evaluasi Pengelolaan

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta pengaturan parkir kapal yang bersandar dievaluasi setelah kebakaran terjadi di Pelabuhan Jongor Kota Tegal pada Senin malam, 14 Agustus 2023.

Sebanyak 52 kapal nelayan terbakar dalam kejadian tersebut. Ganjar mengakui selama ini kapal bersandar berhimpitan sehingga mudah menjalar saat kebakaran.

“Maka kami minta para pengelola pelabuhan untuk mengatur, sehingga kalau terjadi musibah bisa diantisipasi,” kata Ganjar pada Selasa, 15 Agustus 2023.

Dia mengaku terus berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Tegal dalam penanganan kebakaran tersebut. “Wali Kota Tegal terus mengupdate, tim dari Pemprov juga sudah kami turunkan ke lapangan,” ujar Ganjar.

Ganjar menyebut telah meminta Wali Kota Tegal untuk mendata kapal yang terbakar tersebut telah diasuransikan atau tidak. “Kalau tidak, kami berikan bantuan,” ujar dia.

Berdasarkan kronologi yang dihimpun petugas kepolisian, api muncul dari KM Kurnia Jaya yang tengah bersandar pada pukul 18.15.

“Adapun penyebab terbakarnya beberapa kapal masih dalam proses penyelidikan,” kata Kabid Humas Polda Jawa Tengah Komisaris Besar Satake Bayu Setianto.

Tak ada korban yang ditimbulkan akibat kapal terbakar tersebut. Sementara kerugian materi belum bisa ditaksir. “Korban jiwa nihil,” sebut Satake.