Suara Dentuman di Sumenep, Misteri yang Belum Terpecahkan

Suara Dentuman di Sumenep

MENIT.CO.IDSuara dentuman di Sumenep benar-benar membuat heboh masyarakat nyata maupun di dunia maya. Berikut ini rangkuman lengkapnya.

Masyarat Kabupaten Sumenep, Madura, heboh dengan suara dentuman misterius yang berasal dari dalam perut bumi. Suara tersebut seperti suara ketukan dalam tanah.

“Tadi pagi warga heboh karena bunyi mirip ketukan atau seperti orang menggali sumur, makin keras terdengar. Sehingga warga sekitar panik,” kata warga.

Misteri suara dentuman tersebut membuat Polres Sumenep mengungsikan lima kepala keluarga (KK) di Desa Moncek Tengah, Kecamatan Lenteng.

Suara yang menggetarkan itu terdengar selama sekitar 45 menit. Terkadang seperti suara orang yang sedang menggali sumur dan memecah batu.

Padahal tidak ada kegiatan penambangan di sekitar lokasi kejadian. Beberapa ahli Geologi hingga BMKG telah mengunjungi lokasi untuk menyelidiki asal suara tersebut.

Dosen Geofisika ITS Amien Widodo pihaknya menduga adanya kemungkinan penyebab suara dentuman Sumenep berasal dari keberadaan gua atau rongga di bawah tanah.

Pasalnya, karakteristik tanah di desa tersebut diketahui banyak ditemukan batuan kapur. Selain itu, penyebabnya juga diduga bisa dikarenakan adanya material yang saling berbenturan di dalam rongga.

Alhasil, bisa menimbulkan bunyi seperti ketukan yang saat ini membuat geger warga. Di sisi lain, suara dentuman di Sumenep bukanlah satu-satunya suara misterius yang pernah terjadi di dunia.