Sumpah Ahok Viral, Ini Isi Ucapan Sumpah Basuki Tjahaja Purnama

Sumpah Ahok Viral

MENIT.CO.IDSumpah Ahok viral di media sosial TikTok. Orang-orang yang penasaran langsung mencari tahu isi sumpah ahok yang viral di berbagai media sosial.

Penasaran seperti apa sumpah ahok viral? Berikut ini isi ucapan sumpah Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang belakangan kembali viral di jejaring sosial media.

Basuki Tjahaja Purnama, yang lebih dikenal sebagai Ahok, tetap menjadi pusat perhatian masyarakat tanpa meredup. Meskipun kini menjabat sebagai Komisaris Utama Pertamina, Ahok berhasil bangkit dari sorotan publik setelah menghadapi kontroversi penodaan agama pada tahun 2016.

Selain meraih berbagai prestasi, masa lalu Ahok terus menjadi fokus perhatian dan pembicaraan masyarakat. Kata-kata kontroversial yang diucapkannya saat dihukum penjara selama dua tahun, khususnya kepada KH. Ma’ruf Amin, yang saat itu menjabat sebagai Ketua MUI, masih terus mengingatkan publik.

“Dan percayalah sebagai penutup, kalau Anda menzalimi saya, Anda lawan adalah Tuhan Yang Maha Kuasa, dan saya buktikan satu per satu dipermalukan nanti. Terima kasih,” ujar Ahok pada saat itu.

Hingga kini, sumpah serapah Ahok tetap menjadi perbincangan publik dan terus disebarkan luas. Bahkan, ketika terjadi sesuatu yang kurang menguntungkan bagi orang-orang yang pernah berseberangan dengannya, sumpah tersebut menjadi sorotan kembali.

Salah satu peristiwa yang tengah hangat diperbincangkan adalah kematian Rizal Ramli, yang dihubungkan dengan sumpah yang pernah diucapkan Ahok tujuh tahun yang lalu. Ahok pernah bersumpah bahwa orang-orang yang menzaliminya akan menerima ganjarannya suatu saat nanti.

“Kalau Anda menzalimi saya, yang Anda lawan adalah Tuhan yang Maha Esa, Mahakuasa. Saya akan membuktikan satu per satu dipermalukan,” tegas Ahok sebelum ditahan di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

Dalam konteks ini, Rizal Ramli memberikan tanggapan tajam dalam acara Rakornas PKS di Depok pada Maret 2017. Ia menyatakan ketidaknyamanannya dengan kehadiran Ahok, terutama terkait kasus penistaan agama, serta slogan bersih tapi tidak dan slogan transparan tapi tidak.

Rizal Ramli juga kerap memberikan kritik pedas kepada Ahok terkait berbagai isu, termasuk pembangunan reklamasi pulau G di utara Jakarta pada tahun 2016. Kritik tersebut melibatkan pertanyaan tentang posisi Ahok sebagai Gubernur DKI atau karyawan perusahaan pengembang.

Pertentangan antara Rizal Ramli dan Ahok mencapai puncaknya saat Rizal Ramli akhirnya dicopot dari jabatannya sebagai Menteri Koordinator Kemaritiman pada tahun 2016. Kaitan antara sumpah Ahok dan meninggalnya Rizal Ramli menjadi jelas melalui kritik tajam yang diberikan oleh Rizal Ramli terhadap Ahok.

Publik pun tidak terhindar dari mengaitkan sumpah Ahok dengan kematian beberapa tokoh yang berseberangan dengannya, serta tokoh lain yang terjerat kasus dan mendekam di penjara.