Venna Melinda KDRT, Begini Kronologi dan Cara Lapornya

Venna Melinda KDRT

MENIT.CO.ID – Venna Melinda KDRT dari suaminya Ferry Irawan hingga mengeluarkan darah dari hidungnya hingga berujung laporan ke polisi.

Kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) menimpa seorang perempuan bernama Venna Melinda. Dia adalah istri dari Ferry Irawan.

Venna Melinda KDRT pada Senin (9/1) kemarin. Sebelum terjadi laporan KDRT, Venna Melinda disebut polisi sempat bertengkar dengan Ferry Irawan di sebuah hotel di Kediri pada Minggu (8/1).

“Awal mula kejadian kasus ini dimulai dari yang bersangkutan ini cekcok di salah satu hotel di wilyah Kediri. Kemudian dilakukan pelaporan ke Polres Kota Kediri,” kata Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Pol Dirmanto.

Polisi menyebut sudah ada empat saksi yang diperiksa terkait keributan antara Venna dengan Ferry. Sebanyak dua orang dari hotel disebut melihat tanda kekerasan tersebut.

“Untuk saksi saat kejadian karena kejadian di dalam kamar, tapi saat si korban keluar dari kamar ada saksi dari pihak hotel,” ucap Kasubdit Renakta Ditreskrimum Polda Jatim AKBP Hendra Eko Triyulianto.

Sementara itu, penyebab keributan antara keduanya belum dibeberkan kepada publik oleh polisi. “Untuk penyebab KDRT belum mereka ungkapkan,” jelasnya.

Apa Itu KDRT?

KDRT adalah singkatan dari kekerasan dalam rumah tangga. Kekerasan dalam rumah tangga adalah tindakan kekerasan atau kekerasan yang dilakukan oleh seseorang terhadap orang lain dalam hubungan rumah tangga, termasuk di dalamnya perkawinan, perkawinan poligami, hubungan dewasa yang sah, dan hubungan keluarga.

Kekerasan dalam rumah tangga dapat terjadi antara suami dan istri, pacar atau pasangan hidup, atau anggota keluarga lainnya. Tindakan kekerasan dalam rumah tangga dapat berupa fisik, seksual, psikologis, atau ekonomi.

Contohnya termasuk memukul, menendang, mengancam, atau menyiksa seseorang; melakukan kekerasan seksual, seperti pelecehan seksual atau pemaksaan seks; mengontrol atau membatasi gerak-gerik seseorang; atau mengontrol keuangan seseorang dengan cara yang tidak adil.

Kekerasan dalam rumah tangga merupakan masalah serius yang dapat mempengaruhi kesehatan dan keselamatan seseorang, terutama bagi korban kekerasan.

Korban kekerasan dalam rumah tangga dapat mengalami cedera fisik, trauma psikologis, dan masalah kesehatan mental, serta mengalami kesulitan dalam mengakses layanan kesehatan dan keamanan.

Kekerasan dalam rumah tangga juga merupakan masalah sosial yang luas, karena dapat mempengaruhi keluarga, teman, dan masyarakat secara keseluruhan.

Cara Lapor KDRT

Tindakan KDRT tidak boleh dibiarkan berlarut-larut, terlebih jika Anda merupakan korban. Lalu bagaimana jika KDRT seperti yang dialami Venna Melinda terjadi pada orang di sekitar Anda?

Bagi Anda yang mengalami, melihat/mengetahui kejadian KDRT, Anda bisa menghubungi Komnas Perempuan di 021-3903963, Kementerian Pemberdayaan Perempuan & Anak RI 0821 2575 1234, dan Kementrian Sosial RI 1500 771. Lembaga-lembaga tersebut akan memberikan pendampingan bagi korban KDRT.

Itulah informasi mengenai kasus Venna Melinda KDRT serta cara lapor atau pengaduan KDRT. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi Kawan Puan semuanya.