Viral Pertalite RON 86, Ini Penjelasan Pertamina dan Ahli ITB

Pertalite RON 86

Menit.co.id – Viral Pertalite RON 86 di media sosial Twitter. Ini bermula dari hasil pengujian bahan bakar minyak Pertalite menggunakan sebuah alat.

Dalam twit viral pertalite RON 86 tersebut, nilai oktan Pertalite hanya menunjukkan angka RON 86. Padahal, Pertalite seharusnya memiliki RON 90.

Viral Pertalite RON 86 tersebut di unggah akun Twitter @yo2thok. “Ini namanya perampokan dan aparat melempem seperti kerupuk kena air,” tulis akun tersebut.

Pengunggah juga melampirkan foto botol BBM Pertalite yang sedang di ukur menggunakan alat dengan hasil angka 86.

“Pertalite Ron 90 actual hanya Ron 86,” tulis narasi dalam gambar. Hngga kini, unggahan tersebut telah di sukai sekitar 11,7 ribu pengguna.

Unggahan serupa juga viral di media sosial TikTok. Salah satunya di unggah akun TikTok dengan memberikan penjelasan soal BBM Pertalite sebagai berikut ini.

@briankris21

Membalas @pakboi_gointernasional #fypシ #pertamina #mursid #pertalite .

♬ suara asli – briankris21 – briankris21

Penjelasan Pertamina Viral Pertalite RON 86

Pertamina langsung memberikan tanggapan terkait unggahan viral pengujian Pertalite memakai sebuah alat tersebut.

“Alat pengujian RON yang akurat harus mengacu kepada metode standar seperti ASTM RON method,” terang Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting, Sabtu (8/10/2022).

Ia menjelaskan, melalui metode standar seperti ASTM Ron, seluruh pengujian bisa divalidasi dan alat yang di pakai selalu di kalibrasi.

Terkait dengan gambar alat viral yang di pakai menguji tersebut, Irto mengatakan, pihaknya tak bisa memastikan alat apa yang di gunakan.

Namun, ia mengatakan, apabila yang ada pada gambar tersebut adalah Oktan Analyzer Portable, maka alat tersebut seharusnya harus di buktikan sudah di kalibrasi.

“Jika alat yang digunakan tersebut adalah Oktan Analyzer Portable, alat tersebut juga harus terbukti sudah terkalibrasi menggunakan certified reference material secara berkala,” ungkapnya.

Pihaknya menegaskan, Lembaga Penelitian dan Pengembangan Industri Minyak dan Gas Bumi (Lemigas) telah melakukan pengujian terhadap Pertalite.

Pengujian tersebut adalah menguji 6 sampel Pertalite di SPBU wilayah Jakarta. Dari pengujian tersebut, seluruh sampel menunjukkan hasil ataupun spek Pertalite masih sesuai dengan ketentuan.

“Seluruh sample menunjukkan hasil atau spek Pertalite masih sesuai dengan ketentuan Dirjen Migas No. 0486.K/10/DJM.S/2017 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) BBM Jenis Bensin RON 90 yang Dipasarkan di Dalam Negeri,” terangnya.