Apa Arti Kakak Asuh dan Adik Asuh di Polri?

Kakak Asuh dan Adik Asuh

Menit.co.id – Apa arti kakak asuh dan adik asuh di Polri? Temukan jawaban lengkapnya dalam pembahasan yang sudah kami siapkan melalui artikel berikut ini.

Belakangan ini banyak yang mencari apa arti kakak asuh dan adik asuh di tubuh Polri. Semua itu muncul karena dugaan adanya kakak asuh Ferdy Sambo.

Arti kakak asuh dan adik asuh di Polri, biasanya hubungannya antara senior dan junior yang selalu membantu baik dalam senang maupun susah.

Begi juga dengan arti adik asuh di Polri. Dua nama yang sedang viral itu memiliki tujuan yang sama yaitu saling membantu antara junior dan senior begitu juga sebaliknya.

Kata-kata seperti ini sudah lama terdenggar di lingkungan institusi Polri. Tapi bukan kontek dalam skandal kasus yang sedang melilit Ferdy Sambo.

Kakak asuh dan adik asuh ini sudah menjadi tradisi di lingkungan Polri. Tujuannya adalah saling membantu sesama senior dan junior, begitu juga junior membantu senior.

Pengertian Arti Kakak Asuh dan Adik Asuh

Kakak asuh juga mengacu pada sebuah tradisi di lingkungan Akademi Kepolisian. Dalam lingkungan Akademi Kepolisian terdapat tradisi keluarga asuh resimen, salah satunya tradisi kakak asuh dan adik asuh.

Tujuan dari tradisi kakak asuh dan adik asuh ini diharapkan dapat menjadi suatu kegiatan positif sehingga dapat mengurangi suatu tindakan-tindakan kekerasan dari Taruna Senior.

Selain itu, tradisi kakak asuh dan adik asuh ini juga diharapkan dapat mengembahkan kepedulian seorang taruna senior terhadap taruna junior, serta meningkatkan sikap hormat dan loyal dari taruna junior kepada senior.

Kakak asuh dan adik asuh di pilih di awal masa pendidikan taruna. Di awal masa pendidikan taruna, taruna senior akan dipertemukan dengan taruna junior sehingga setiap taruna senior mendapatkan satu atau dua taruna junior sebagai adik asuhnya.

Kemudian adik asuh tersebut akan mengikuti nama keluarga asuh yang dimiliki atau sesuai dengan keluarga asuh dari kakak asuhnya langsung.

Peran kakak asuh tidak berhenti di dalam lingkungan korps taruna saja. Peran kakak asuh juga masih berlangsung meski berada di luar lingkungan korps taruna.

Peran kakak asuh di luar lingkungan korps taruna antara lain seperti mengajak adik asuh untuk melakukan kunjungan ke pos pesiar, ke rumah pejabat akpol, dan melakukan kunjungan di luar akademi.

Dalam prosesnya, kakak asuh akan memberikan bimbingan dan contoh mengenai etika dan berperilaku ketika melakukan berbagai kunjungan. Di akhir, kakak asuh akan mengajak adik asuh untuk berfoto bersama keluarga asuh.

Itulah tadi arti kakak asuh dan adik asuh yang belakangan ini sedang viral dan banyak orang mencari artinya. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS