Apa Cerita Film Hotel Mumbai? Kisah Serangan Teroris di Taj Mahal Palace Hotel

Cerita Film Hotel Mumbai

MENIT.CO.ID – Film Hotel Mumbai menceritakan kisah nyata tentang serangan teroris di Taj Mahal Palace Hotel di Mumbai, India, pada tanggal 26 November 2008.

Film ini mengikuti kisah para staf hotel yang dengan berani mempertaruhkan nyawa mereka untuk melindungi para tamu dari teroris bersenjata.

Arjun, seorang pelayan muda yang ambisius, bekerja di hotel tersebut. Ia ingin memberikan kehidupan yang lebih baik bagi keluarganya.

Ketika teroris menyerang, Arjun harus menggunakan kecerdikan dan keberaniannya untuk membantu para tamu melarikan diri dan menyelamatkan nyawa mereka.

Chef Hemant Oberoi, kepala koki hotel, juga memainkan peran penting dalam menyelamatkan para tamu. Ia bekerja sama dengan Arjun dan staf lainnya untuk menyediakan makanan dan tempat berlindung bagi para tamu yang ketakutan.

Film ini juga menceritakan kisah beberapa tamu hotel, termasuk pasangan kaya dari Inggris, seorang pelayan wanita yang hamil, dan seorang mantan tentara.

Mereka semua harus menghadapi ketakutan dan keputusasaan saat terjebak dalam situasi yang mengerikan ini.

Hotel Mumbai adalah film yang menegangkan dan emosional yang menghormati para pahlawan yang berani yang mempertaruhkan nyawa mereka untuk menyelamatkan orang lain.

Film ini juga merupakan pengingat tentang kengerian terorisme dan pentingnya persatuan dan kemanusiaan dalam menghadapi tragedi.

Fakta Menarik Film Hotel Mumbai

Film Hotel Mumbai, yang dirilis pada tahun 2018, menjadi sorotan karena mengangkat kisah nyata tragedi serangan teroris di Mumbai pada tahun 2008.

Film ini dibintangi oleh aktor ternama seperti Dev Patel, Armie Hammer, Nazanin Boniadi, dan Anupam Kher, dan berhasil memukau penonton dengan ceritanya yang menegangkan dan mengharukan.

Di balik kesuksesan film ini, terdapat beberapa fakta menarik yang mungkin belum banyak diketahui:

1. Diangkat dari Kisah Nyata

Film Hotel Mumbai diadaptasi dari kisah nyata peristiwa serangan teroris di Mumbai pada 26 November 2008. Serangan ini menargetkan beberapa lokasi di Mumbai, termasuk Taj Mahal Palace Hotel, di mana film ini berfokus. Film ini menggambarkan dengan detail bagaimana para tamu dan staf hotel berjuang untuk bertahan hidup selama 60 jam penuh teror.

2. Kontroversi Realisme

Film ini menuai kontroversi karena penggambarannya yang dianggap terlalu realistis dan brutal. Beberapa kritikus mengatakan bahwa film ini terlalu eksplisit dalam menunjukkan kekerasan dan trauma yang dialami para korban. Namun, banyak juga yang memuji film ini karena keberaniannya dalam menceritakan kisah yang sulit ini tanpa sensor.

3. Karakter Arjun Fiksi

Meskipun film ini berdasarkan kisah nyata, beberapa karakter diubah untuk tujuan dramatis. Salah satu contohnya adalah karakter Arjun, seorang pelayan hotel yang dimainkan oleh Dev Patel. Karakter ini sebenarnya fiksi, namun terinspirasi dari beberapa kisah nyata para pahlawan yang membantu menyelamatkan banyak orang selama serangan tersebut.

4. Apresiasi dan Penghargaan

Film Hotel Mumbai mendapatkan banyak apresiasi dari kritikus dan penonton. Film ini dinominasikan untuk beberapa penghargaan, termasuk BAFTA Award for Best British Film dan Golden Globe Award for Best Motion Picture – Drama. Film ini juga sukses secara komersial, meraup pendapatan box office sebesar $35 juta.

5. Pesan Kemanusiaan yang Kuat

Di balik kisah tragisnya, film Hotel Mumbai juga menyampaikan pesan kemanusiaan yang kuat. Film ini menunjukkan keberanian, pengorbanan, dan kekuatan cinta di tengah situasi yang penuh keputusasaan. Film ini juga menjadi pengingat tentang pentingnya persatuan dan toleransi dalam menghadapi tragedi.

Film Hotel Mumbai adalah film yang kuat dan mengharukan yang memberikan gambaran realistis tentang tragedi teroris di Mumbai. Film ini bukan hanya film hiburan, tetapi juga film yang membuka mata dan menyentuh hati.

Berikut beberapa detail tambahan tentang film:

  • Sutradara: Anthony Maras
  • Produser: Baz Luhrmann, Graham Broadbent, Peter Chernin, Tracey Browning, and Shekhar Kapur
  • Penulis Skenario: Anthony Maras dan John Collee
  • Pemeran: Dev Patel, Armie Hammer, Nazanin Boniadi, Anupam Kher, Jason Isaacs, and Soumitra Chatterjee
  • Tanggal Rilis: 27 September 2019 (Indonesia)

Film Hotel Mumbai telah menerima pujian atas aktingnya yang kuat, penyutradaraannya yang menegangkan, dan penggambarannya yang realistis tentang serangan teroris.