Apa Itu Ordal dalam Bahasa Gaul? Ini Penjelasannya

Arti Savage dalam Bahasa Gaul

MENIT.CO.ID – Belakangan banyak sekali yang penasaran dengan apa itu ordal dalam bahasa gaul. Orang yang penasaran lantas mencari artinya ordal dalam bahasa gaul.

Untuk menjawab rasa penasaran Anda semua, berikut ini adalah arti dari istilah kata bahasa gaul tentang ordal yang belakangan cukup viral di media sosial.

Sebelumnya, Ordal juga menjadi perbincangan hangat di media sosial dan menjadi topik trending di Twitter karena Vina Muliana dituduh bekerja sebagai pegawai BUMN karena menggunakan istilah Ordal.

Anies Baswedan membahas fenomena Ordal dalam masyarakat dan pemerintahan selama debat calon presiden.

Dalam kesempatan tersebut, Anies Baswedan menyampaikan pendapatnya:

“Ordal ini sangat menyebalkan. Di seluruh Indonesia, kita menghadapi fenomena Ordal. Baik saat ingin bergabung dalam tim sepakbola ada Ordal, ingin menjadi guru ada Ordal, mendaftar sekolah pun ada Ordal, bahkan untuk mendapatkan tiket konser juga ada Ordal. Fenomena Ordal ini merusak prinsip meritokrasi dan mengakibatkan lunturnya etika.”

Tidak hanya terjadi di tingkat masyarakat, fenomena Ordal juga mencapai puncaknya dalam proses pengambilan keputusan tertinggi.

“Saya merasakannya sendiri. Beberapa guru mendatangi saya dan mengeluhkan, ‘Pak, di tempat kami, penentuan guru dilakukan berdasarkan Ordal. Tanpa melibatkan Ordal, seseorang tidak dapat menjadi guru atau diangkat menjadi tenaga pengajar.’ Mereka bertanya, ‘Mengapa kami tidak boleh menggunakan Ordal, padahal di Jakarta pun menggunakan Ordal?’ Jawaban atasan mereka sangatlah simpel, ‘Di Jakarta pun menggunakan Ordal, mengapa kita di bawah tidak boleh? Negara ini akan hancur jika tatanan tersebut hilang.’”

Setelah Anies Baswedan menyampaikan hal tersebut, istilah “Ordal” menjadi topik yang sedang trend di Twitter.

Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan Ordal dalam Bahasa Gaul? Ordal adalah istilah yang sering digunakan di platform Brainly, dan arti kata ini merupakan singkatan gaul dari “orang dalam.”

Orang dalam merujuk pada seseorang yang memiliki hubungan atau kedekatan dengan suatu lingkaran tertentu, dan dapat dimintai bantuan untuk mencapai suatu tujuan atau mempermudah urusan orang yang mengenalnya.

Contohnya, seseorang yang berkeinginan bekerja di perusahaan B harus memiliki orang dalam di perusahaan tersebut agar dapat berhasil menjadi karyawan.

Contoh lainnya, dalam konteks pengurusan surat menyurat atau administrasi pemerintahan, orang dalam adalah individu yang dikenal di instansi terkait dan dapat diminta bantuan untuk menangani urusan surat menyurat atau administrasi.

Sementara itu, dalam konteks pekerjaan, orang dalam merujuk pada individu yang dikenal oleh pelamar dan sudah bekerja di perusahaan tempat pelamar tersebut mengajukan lamaran pekerjaan.

Itulah tadi penjelasan tentang apa itu ordal dalam bahasa gaul yang belakangan sedang viral di media sosial Tiktok. Kesimpulannya, Ordal adalah orang dalam. Semoga bermanfaat!