April Fools dan April Mop, Ini Sejarahnya

Perayaan April Mop oleh generasi ke generasi. Namun, sejarah April Mop sendiri tak di ketahui pasti. Ada beberapa versi asal-usul April Mop atau April Fools yang tersebar.

April Fools

Menit.co.id – April Fools atau April Mop selalu muncul setiap tanggal 1 April. Di mana momen ini banyak orang menjadikan kehebohan sebagai candaan belaka.

Perayaan April Mop oleh generasi ke generasi. Namun, sejarah April Mop sendiri tak di ketahui pasti. Ada beberapa versi asal-usul April Mop atau April Fools yang tersebar.

Selain berbagai versi asal-usulnya, namun kejadian April Fools mendadak trending di Twitter dengan ada sebanyak 142 ribu tweet di Twitter dengan hastag “April Fools”.

Lalu, bagaimana sampai April Fools menjadi tradisi orang-orang di seluruh Dunia? Berikut penjelasan sejarah munculnya April Fools Pranks.

Melansir dari history, pada tanggal 1 April tahun 1700, orang-orang Inggris melakukan keisengan dan mulai mempopulerkan tradisi tahunan Hari April Mop dengan saling bercanda.

Meskipun hari itu juga di sebut hari semua orang bodoh. Ini telah di rayakan selama beberapa abad oleh budaya yang berbeda, asal-usul pastinya tetap menjadi misteri.

Sejarah April Fools dan April Mop

Beberapa sejarawan berspekulasi bahwa April Mop bermula pada tahun 1582, ketika Perancis beralih dari kalender Julian ke kalender Gregorian, seperti yang di minta oleh Dewan Trent pada tahun 1563.

April Mop adalah hari prank sedunia yang dirayakan setiap tanggal 1 April. Pada tanggal ini, semua orang di berikan izin sesaat untuk melakukan kebohongan, lelucon ataupun berbagai jenis prank lainnya demi kesenangan.

Orang-orang yang lambat untuk mendapatkan berita untuk mengenali bahwa awal tahun baru telah pindah ke 1 Januari dan terus merayakannya selama minggu terakhir bulan Maret hingga 1 April.

Lelucon ini termasuk menempatkan ikan kertas di punggung mereka dan di sebut sebagai poisson d’avril (ikan April).

Di katakan melambangkan ikan muda yang “mudah ketagihan” dan orang yang mudah tertipu. Hari April Mop menyebar ke seluruh Inggris selama abad ke-18.

Di Skotlandia, tradisi menjadi acara dua hari, di mulai dengan “berburu gowk”. Di mana orang di kirim untuk tugas palsu (gowk adalah kata untuk burung kukuk, simbol untuk orang bodoh)

Dan hal ini di ikuti oleh Tailie Day, yang melibatkan pranks di mainkan di pantat orang, seperti menjepit ekor palsu atau tanda “tendang saya” pada mereka.

Demikian sejarah adanya April Mop yang masih menjadi tradisi yang sering di lakukan oleh sebagian orang-orang di seluruh dunia.