Bung Riski Kurniawan: Tunda Musda DPD KNPI Kota Dumai

  • Bagikan
Tunda Musda DPD KNPI Kota Dumai

Menit.co.id – Musda Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia atau DPD KNPI Kota Dumai kembali di laksanakan mengingat masa jabatan ketua lama sudah habis masa waktunya.

Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) adalah organisasi kepemudaan. Organisasi ini menjadi cikal bakal pengkaderan untuk melahirkan pemimpin muda.

Organisasi terkemuka di tanah air ini juga bukan organisasi kaleng-kaleng. Jadi cara pemilihan calon ketua juga harus menerapkan asas demokrasi.

Mantan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) KNPI Dumai 2007-2010, Riski Kurniawan Tri Syahputra, mengomentari di gelarnya musyawarah daerah (Musda) KNPI Kota Dumai tanpa adanya sosialisasi ke Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP).

“Musda main tanpa sosialisasi. Apakah sudah mendaftar ulang seluruh 56 OKP yang berhimpun?. Apakah sudah di lakukan penjaringan calon-calon ketua dengan sosialisasi waktu minimal memiliki batas waktu yang wajar, bukan hanya dua hari!,” tanya Riski.

Sebagai mantan Ketua DPD KNPI Kota Dumai dan memiliki OKP di KNPI, lanjut Riski, meminta Musda KNPI Dumai di tunda. Terkesan menurutnya ada putra mahkota dalam musda KNPI Dumai, yang di gelar tanpa sosialisasi.

“Sebagai mantan ketua KNPI dan memiliki OKP, saya minta Musda KNPI di tunda untuk beberapa minggu, bukan langsung di gelar seperti ini, seolah-olah sudah ada putra mahkota,” tambahnya.

Riski Kurniawan menyarankan agar memberi ruang atau kesempatan kepada seluruh pemuda di Dumai yang berkiprah di KNPI untuk memimpin. “Kita gunakan jalur demokrasi. Penjaringan dan sosialisasi tidak ada, tapi alih-alih musda,” ujar pria yang di sapa Kiki ini.

Sementara salah seorang panitia penyelenggara, Adel Iskosa, ketika di konfirmasi terkait sosialisasi Musda mengatakan hal tersebut menjadi kewenangan Pengurus DPD KNPI Kota Dumai.

“Itu (sosialisasi, red) gawenya DPD, bukan panitia,” ujarnya melalui sambungan selular, Kamis (26/8), saat dihubungi wartawan. Sekretaris KNPI Kota Dumai, Farid Mufarizal yang akrab disapa Farid belum berhasil dikonfirmasi.

  • Bagikan