Cerita Rakyat Indonesia yang Terkenal Hingga Sekarang

Cerita Rakyat Indonesia yang Terkenal

MENIT.CO.ID – Sudah tahu apa cerita rakyat Indonesia yang terkenal? Jika belum tahu cerita rakyat Indonesia yang terkenal, berikut ini beberapa ceritanya.

Belakangan ini banyak sekali orang-orang ingin mengetahui lebih lengkap beberapa cerita rakyat Indonesia yang terkenal dan selalui menarik perhatian.

Berikut adalah beberapa cerita rakyat Indonesia yang terkenal:

1. Roro Jonggrang

Roro Jonggrang adalah cerita rakyat yang berasal dari Jawa Tengah. Kisah ini mengisahkan tentang seorang putri cantik bernama Roro Jonggrang yang menolak pinangan Bandung Bondowoso, seorang raja yang ingin mempersuntingnya.

Roro Jonggrang kemudian meminta Bandung Bondowoso untuk membangun seribu candi dalam waktu semalam.

Bandung Bondowoso setuju, dan dengan bantuan para jin, ia hampir berhasil menyelesaikan tugasnya. Namun, Roro Jonggrang kemudian meminta bantuan para wanita desa untuk membakar jerami dan membuat suara ayam berkokok.

Para jin yang mendengar suara ayam berkokok tersebut mengira hari sudah pagi, dan mereka pun pergi meninggalkan pekerjaan mereka. Bandung Bondowoso marah, dan ia mengutuk Roro Jonggrang menjadi arca batu.

2. Sangkuriang

Sangkuriang adalah cerita rakyat yang berasal dari Jawa Barat. Kisah ini mengisahkan tentang seorang pemuda bernama Sangkuriang yang jatuh cinta pada ibunya sendiri, Dayang Sumbi.

Dayang Sumbi kemudian meminta Sangkuriang untuk membuat bendungan di sungai Citarum dalam waktu semalam. Sangkuriang setuju, dan dengan bantuan para jin, ia hampir berhasil menyelesaikan tugasnya.

Namun, Dayang Sumbi kemudian meminta bantuan para wanita desa untuk membakar jerami dan membuat suara ayam berkokok.

Para jin yang mendengar suara ayam berkokok tersebut mengira hari sudah pagi, dan mereka pun pergi meninggalkan pekerjaan mereka.

Sangkuriang marah, dan ia menendang bendungan tersebut hingga terbelah menjadi dua. Di salah satu belahan bendungan tersebut, terbentuklah sebuah danau yang kemudian dikenal sebagai Danau Bandung.

3. Timun Mas

Timun Mas adalah cerita rakyat yang berasal dari Jawa Tengah. Kisah ini mengisahkan tentang seorang janda miskin yang memiliki seorang anak perempuan bernama Timun Mas.

Suatu hari, janda tersebut didatangi oleh seorang raksasa yang ingin mempersunting Timun Mas. Janda tersebut menolak, dan raksasa tersebut kemudian mengancam akan membunuhnya.

Janda tersebut kemudian meminta bantuan seorang nenek untuk membuatkan Timun Mas sebuah perisai dan sebuah keris.

Timun Mas kemudian pergi ke hutan untuk melawan raksasa tersebut. Dengan bantuan perisai dan keris tersebut, Timun Mas berhasil membunuh raksasa tersebut.

4. Malin Kundang

Malin Kundang adalah cerita rakyat yang berasal dari Sumatra Barat. Kisah ini mengisahkan tentang seorang pemuda bernama Malin Kundang yang pergi merantau ke kota.

Malin Kundang kemudian menjadi kaya raya, dan ia lupa pada ibunya yang masih tinggal di kampung halaman. Suatu hari, Malin Kundang kembali ke kampung halamannya.

Ibunya yang sudah tua renta sangat senang melihat kedatangan Malin Kundang. Namun, Malin Kundang justru menolak untuk mengakui ibunya. Ibunya yang kecewa kemudian mengutuk Malin Kundang menjadi batu.

5. Bawang Merah dan Bawang Putih

Bawang Merah dan Bawang Putih adalah cerita rakyat yang berasal dari Jawa Tengah. Kisah ini mengisahkan tentang dua saudara perempuan yang sangat berbeda sifatnya.

Bawang Merah adalah seorang gadis yang cantik namun jahat, sedangkan Bawang Putih adalah seorang gadis yang buruk rupa namun baik hati.

Ibu Bawang Merah yang sudah tua renta sangat menyayangi Bawang Putih, namun Bawang Merah sangat membencinya. Bawang Merah kemudian meminta bantuan suaminya untuk menyingkirkan Bawang Putih.

Suami Bawang Merah kemudian setuju, dan ia membawa Bawang Putih ke hutan untuk dibunuh. Namun, Bawang Putih berhasil melarikan diri dan hidup bahagia bersama seorang pangeran.

Itulah tadi cerita rakyat Indonesia yang terkenal dan sampai sekarang masih menjadi bahan perceritaan bagi banyak kalangan di seluruh tanah air.