Friendster Is Back! Begini Cara Daftar Terbaru 2024

Friendster Is Back

MENIT.CO.ID – Friendster is back! Begini cara daftar Friendster terbaru 2024 yang belakangan kembali menyeruak ke jagat jejaring sosial media.

Generasi Z mungkin asing dengan nama Friendster, tapi bagi generasi millennial, platform ini pernah berjaya menjadi wadah bersosial di jagat maya.

Muncul sebelum era Facebook, Friendster sempat menjadi fenomena jejaring sosial dan tempat berjejaring yang tak tergantikan.

Lahir pada tahun 2002, Friendster diciptakan oleh Jonathan Abrams. Nama “Friendster” sendiri merupakan gabungan dari “Friend” dan “Napster”.

Awal kemunculannya, Friendster menawarkan sesuatu yang baru; berteman dengan orang lain secara online. Ini menjadi gebrakan di era awal internet, di mana interaksi online masih terasa asing.

Keunikan Friendster terletak pada fitur-fiturnya yang sederhana namun menarik. Pengguna dapat membuat profil, menambahkan teman, mengunggah foto, dan menulis pesan di dinding teman.

Ada juga fitur “Crush List” yang memicu penasaran, di mana pengguna bisa mengungkapkan ketertarikan pada orang lain secara anonim.

Tak heran, Friendster booming pada tahun 2003, mencapai 3 juta pengguna. Kepopulerannya menyebar ke berbagai negara, termasuk Indonesia.

Anak muda kala itu berlomba-lomba membuat profil Friendster, dengan desain halaman penuh warna dan hiasan GIF yang menjadi tren. Menghafalkan dan saling tukar ID Friendster bahkan menjadi aktivitas sosial yang seru.

Friendster Is Back

Media sosial yang cukup populer di tahun 2000an awal itu mengisyaratkan akan segera meramaikan pasar platform media sosial.

Bagi mereka yang menjalani masa remaja pada tahun 2000an awal, mungkin tak asing ketika mendengar nama media sosial Friendster.

Pada dasarnya, Friendster merupakan media sosial yang memungkinkan pengguna untuk menambah teman, mengirim pesan ke sesama pengguna, hingga mengomentari unggahan foto.

Sayangnya, ketika Facebook mulai naik daun, popularitas Friendster perlahan meredup.

Friendster kemudian merilis ulang platformnya sebagai situs gaming dan menghapus semua blog, foto, serta komentar dari semua penggunanya di tahun 2011.

Pada Juni 2015, Friendster menutup situs dan semua layanannya tanpa batas waktu. Sedangkan perusahaannya baru ditutup secara resmi pada akhir Juni 2018.

Kini, Friendster kembali membuat gempar pengguna internet setelah memberi sinyal akan kembali meramaikan pasar media sosial.

Masih menggunakan alamat situs yang dulu yakni Friendster.com, pengguna sudah bisa mendaftarkan emailnya untuk mendapatkan akses awal saat platform ini resmi diluncurkan kembali.

Bagi Anda yang ingin bergabung caranya cukup memasukkan email untuk mendapatkan akses awal. Cara daftar Friendster cukup mengakses alamat https://friendster.com/.

Setelah memasukkan email, Anda hanya menunggu mendapatkan pemberitahuan akses di email. Sejauh ini belum ada informasi apa yang bakal ditawarkan Friendster. Dalam situsnya hanya menuliskan tampilan medsos tersebut telah diremajakan dengan sentuhan kontemporer.

“Membawanya kembali ke masyarakat. Temukan kembali pesona era awal jejaring sosial, kini diremajakan dengan sentuhan kontemporer. Friendster lebih baik dari sebelumnya dan untuk masyarakat,” bunyi keterangan di situs Friendster.

Sebagai informasi, bila melihat kilas balik pada masa jayanya dulu, pesaing Friendster saat itu bukan hanya Facebook.

Friendster saat itu juga bersaing dengan Windows Live Spaces dan Yahoo! 360.

Google sempat mengajukan tawaran sebesar US$30 juta pada tahun 2003 untuk membeli Friendster, namun tawaran itu ditolak.

Pada tahun 2008, Friendster sempat mengantungi lebih dari 115 juta pengguna dan marketnya juga mengalami pertumbuhan di kawasan Asia.