Hari Kucing Sedunia 2022, Berikut Sejarah dan Temanya

Hari Kucing Sedunia

Menit.co.id – Hari Kucing Sedunia atau Internasional Cat Day adalah momen peringatan untuk melindungi kucing dari kekerasan setiap tanggal 8 Agustus.

Hari Kucing Sedunia adalah hari untuk merayakan persahabatan antara manusia dengan kucing yang dirayakan hampir di seluruh dunia pada tanggal 8 Agustus setiap tahunnya.

Awal mula perayaan Hari Kucing Sedunia berlangsung sejak 8 Agustus 2002 lalu. Di mana peringatan itu menjadi seruan untuk melindungi kucing dari kekerasan.

Sejarah Hari Kucing Sedunia atau Hari Kucing Internasional merupakan inisiatif International Fund for Animal Welfare (IFAW) untuk menghormati dan mengapresiasi kucing pada 2002.

Sebagaimana Kawanpuancom lansir dari Firstpost, saat itu perayaan menekankan pada metode atau cara perlindungan hewan kucing dari kekerasan.

Kemudian pada 2020, pemegang aset atau lisensi Hari Kucing Sedunia meneruskan ke International Cat Care. Hingga sekarang momen peringatannya selalu berlangsung.

Organisasi ini adalah kelompok nirlaba Inggris yang telah bekerja untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan kucing domestik di seluruh dunia sejak 1958.

Kucing jadi salah satu hewan peliharaan favorit. Rupanya terlepas dari sejarah internasional cat day, sebenarnya kucing membawa simbol kultural dan historis.

Melansir dari News18, kucing sudah di puja sejak zaman Mesir kuno, khususnya kucing hitam. Saat itu, orang Mesir kuno memuja Dewi Bastet yang berwujud singa lalu berubah jadi kucing.

Kucing di masa modern pun ‘di puja’ lewat kehadiran mereka sebagai tokoh-tokoh ikonik serial maupun film. Tengok saja si kucing oren Garfield atau Felix the Cat.

Hari Kucing menjadi penting buat semua pencinta kucing. Tema Hari Kucing Sedunia 2022 adalah “Cat friendly resources” atau “Sumber Daya Ramah Kucing”.

Tidak semua kucing hidup dalam kondisi sejahtera bersama pemilik yang menyayanginya. Anda pun bisa berkontribusi buat kucing-kucing kurang beruntung di luar sana.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS