Logo HUT Ke-22 Kota Dumai Usung Motif Itik Pulang Petang

  • Bagikan
Logo HUT Ke-22 Kota Dumai Usung Motif Itik Pulang Petang

Menit.co.id – Pemerintah Kota Dumai resmi meluncurkan logo hari jadi ke-22 dengan mengusung tema Dumai Unggul dan Idaman.

Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Dumai Khairil Adli menjelaskan logo tersebut terdiri atas angka dua dan dua (22).

“Logo HUT ke-22 Pemko Dumai tahun ini terdiri dari atas 22 bermotifkan itik pulang petang, dengan warna kuning keemasan kemudian diberi background warna biru dongker, disematkan motif anak panah dan di sampingnya simbol Th [tahun] serta simbol ombak di bawah dan kata Dumai yang berwarnakan hijau daun,” ujarnya.

BACA : Dermaga C Pelindo Dumai Perdana Layani Ekspor Peti Kemas Internasional

Khairil memaparkan simbol angka 22 mewakili usia Kota Dumai dari sejak tanggal 27 April 1999. Motif itik pulang petang memiliki nilai yang mencerminkan komitmen kebersamaan dalam setiap perbuatan.

Angka 22 yang diberi warna kuning keemasan melambangkan kemakmuran, kesejahteraan, kejayaan serta mewakili sifat optimisme dalam mencapai tujuan.

Pada angka tersebut disematkan motif anak panah yang melambangkan keinginan luhur untuk menjadikan Kota Dumai sebagai kota yang selalu terdepan.

Kemudian warna biru dongker (navy blue) melambangkan ketegasan, ketangkasan, percaya diri serta mewakili sifat efisien dalam segala tindakan.

Di samping angka 22 terdapat simbol Th, yang mewakili kata tahun dan berbentuk keris. Secara filosofis, keris merupakan tuah pusaka Bangsa Melayu.

Melambangkan kehormatan dan martabat seperti layaknya visi yang ingin dicapai yaitu menjadi “Kota Yang Unggul.”

Di bawahnya disematkan juga simbol dari ombak, yang melambangkan letak geografis Kota Dumai di Wilayah Pesisir Pantai Timur Sumatra.

Sedangkan penulisan kata “Dumai” dengan warna hijau daun, melambangkan ketenangan Kota Dumai, harmoni, kesegaran, kesuburan serta mewakili pertumbuhan untuk kemaslahatan.

“Demikian arti dari logo hari jadi ke-22 Kota Dumai yang bertemakan “Dumai Unggul dan Idaman“, merupakan nilai dasar dari Visi Kota Dumai Tahun 2021-2024, menjadi spirit serta komitmen agar Dumai kelak dapat menjelma menjadi Kota yang Indah, Damai, Bermartabat dan Terdepan,” ujarnya.

 

  • Bagikan