Pantai Bira Viral karena Pungli, Yuk Lihat Keindahannya!

Pantai Bira Viral karena Pungli

MENIT.CO.ID – Baru-baru ini, Pantai Bira di Tanjung Bira, Sulawesi Selatan, viral di media sosial karena pungli. Yuk lihat keindahannya Pantai Bira.

Di ujung selatan Sulawesi Selatan, terhampar permata tersembunyi bernama Pantai Bira. Terletak di Desa Bira, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, pantai ini memanjakan pengunjung dengan pasir putihnya yang halus dan air laut biru jernih.

Keindahan alamnya yang memesona menjadi daya tarik utama bagi wisatawan lokal maupun mancanegara yang ingin mencari ketenangan, petualangan, dan momen tak terlupakan.

Pantai Luas untuk Berbagai Aktivitas

Membentang sepanjang 1 kilometer dengan lebar sekitar 50 meter, Pantai Bira menawarkan ruang yang luas untuk berbagai aktivitas.

Bersantai di bawah sinar matahari yang hangat, bermain pasir bersama anak-anak, atau berjalan kaki menyusuri pantai sambil menikmati panorama laut yang menakjubkan, semua dapat dilakukan di sini.

Ketika mentari bersinar, kilauan pasir putih dan air laut biru jernih bagaikan permata yang terhampar, menciptakan pemandangan yang memukau.

Titik Nol Pantai Bira: Ikon Baru Wisata

Salah satu daya tarik utama di Pantai Bira adalah Titik Nol Pantai Bira, sebuah ikon wisata baru yang menjadi favorit para pengunjung.

Terletak di ujung paling selatan semenanjung Tanjung Bira, Titik Nol Pantai Bira ditandai dengan Tugu Titik Nol Sulawesi yang berbentuk perahu pinisi.

Tugu ini menghadap langsung ke lautan lepas, menawarkan pemandangan matahari terbit dan terbenam yang spektakuler.

Dikelilingi taman yang rimbun, Titik Nol Pantai Bira menjadi tempat sempurna untuk mengabadikan momen indah bersama keluarga, teman, atau pasangan.

Lebih dari Sekedar Keindahan Alam

Selain pesona alamnya, Pantai Bira juga menyediakan berbagai kegiatan seru bagi para pengunjung. Air laut yang dangkal dan jernih menjadikan pantai ini ideal untuk berenang, bermain air, atau mencoba berbagai permainan air seperti banana boat dan donat boat.

Bagi pecinta olahraga, hamparan luas Pantai Bira menjadi arena yang sempurna untuk bermain voli pantai atau sepak bola bersama.

Dan tentu saja, tidak ada yang lebih menenangkan daripada menikmati senja yang indah diiringi angin sepoi-sepoi laut di Pantai Bira.

Pantai Bira Viral Karena Pungli

Meskipun terkenal dengan keindahannya, Pantai Bira juga menjadi sorotan karena masalah pungutan liar (pungli) yang meresahkan pengunjung.

Berbagai laporan tentang tarif masuk yang berlebihan dan pungutan tidak resmi lainnya telah beredar di media sosial, menciptakan ketidaknyamanan bagi wisatawan.

Upaya untuk mengatasi pungli dan meningkatkan layanan wisata secara berkelanjutan perlu dilakukan untuk memastikan pengalaman wisata yang menyenangkan bagi semua pengunjung.

Aksesibilitas yang Semakin Baik

Terletak sekitar 200 kilometer dari Kota Makassar, Pantai Bira saat ini dapat diakses melalui jalan provinsi dengan waktu tempuh sekitar 5 jam menggunakan mobil.

Meskipun aksesnya masih terbatas, rencana pembangunan jalan tol dari Makassar menuju Tanjung Bira dan pembangunan bandara di Tanjung Bira diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas ke destinasi wisata ini di masa depan.

Pantai Bira: Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi

Dengan keindahan alamnya yang memukau, berbagai aktivitas seru, dan potensi pengembangan yang terus meningkat, Pantai Bira menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi para penjelajah alam dan pecinta pantai.

Keindahan tersembunyi di ujung selatan Sulawesi Selatan ini menanti untuk dijelajahi dan dinikmati oleh para wisatawan dari berbagai penjuru dunia.