Profil Matty Healy: Musisi Berbakat dengan Sentuhan Kontroversial

Profil Matty Healy

MENIT.CO.ID – Di dunia musik, Matty Healy sudah bukan nama asing, terutama bagi para penggemar band The 1975. Ini profil lengkapnya.

Vokalis dan penulis lagu asal Inggris ini baru-baru ini kembali menjadi perbincangan hangat di media sosial, dikaitkan dengan lagu terbaru Taylor Swift, “Fortnight”.

Lahir di Hendon, Inggris pada 8 April 1989, Healy memulai perjalanannya di dunia musik bersama The 1975 saat masih duduk di bangku SMA.

Bersama bandnya, dia telah melahirkan lima album studio yang sukses, yaitu The 1975 (2013), I Like It When You Sleep, for You Are So Beautiful Yet So Unaware of It (2016), A Brief Inquiry Into Online Relationships (2018), Notes on a Conditional Form (2020), dan Being Funny When Serious (2022).

Kemampuannya dalam menciptakan lagu dan lirik yang memikat telah mengantarkannya pada berbagai penghargaan bergengsi, termasuk Songwriter of the Year di Ivor Novello Awards (2021), Best British Group (2019 & 2020) dan Best British Album (2019) di Brit Awards, Top Rock Album di Billboard Music Awards (2019), Best Live Band (2017) dan Best British Band (2019) di NME Awards, hingga Best UK & Ireland Act di MTV Europe Music Awards (2016).

Di balik bakat musiknya yang luar biasa, Healy juga dikenal dengan kepribadiannya yang kontroversial dan gaya hidup yang penuh gejolak. Dia pernah dikritik karena pernyataannya yang dianggap misoginis dan aksinya di atas panggung yang dinilai provokatif.

Salah satu momen kontroversialnya terjadi di Malaysia, di mana dia menolak pembatasan kampanye mengenai LGBTQ dan bahkan berciuman sesama jenis dengan bassisnya, Ross MacDonald, di atas panggung. Aksi ini menuai kecaman keras dari publik Malaysia dan netizen di media sosial.

Healy juga memiliki masa lalu kelam karena kecanduan narkoba dan harus menjalani rehabilitasi. Namun, di balik kontroversinya, dia juga dikenal sebagai sosok yang cerdas, kreatif, dan peduli dengan isu-isu sosial. Dia tak ragu untuk menyuarakan pendapatnya, meskipun terkadang menimbulkan kontroversi.

Baru-baru ini, Healy kembali menjadi sorotan media karena rumor hubungannya dengan Taylor Swift. Diduga lagu terbaru Taylor Swift, “Fortnight” dan beberapa lagu lainnya, terinspirasi dari kisah cinta singkat mereka yang hanya berlangsung selama dua minggu.

Matty Healy, sosok yang kompleks dan penuh warna, terus menarik perhatian publik dengan musiknya yang unik dan kepribadiannya yang kontroversial. Dia adalah bukti bahwa seorang musisi bisa lebih dari sekadar pencipta lagu, tetapi juga pembawa perubahan dan pemicu percakapan penting.

Exit mobile version