Rita Yuliana Instagram, Polwan Cantik Penuh Prestasi

Rita Yuliana Instagram

Menit.co.id – Pengguna Instagram belakangan ini banyak sekali yang mencari sosok Rita Yuliana. Rita adalah seorang polisi wanita atau polwan Polri.

Selama pengabdiannya di tubuh Polri, Rita Yuliana memiliki segudang pretasi. Tak heran, jika nama Rita Yuliana mencuri perhatian pengguna Instagram.

Berikut adalah profil, biodata, akun Instagram dari AKP Rita Yuliana, yang belakangan ini namanya sedang menjadi topik perbincangan hangat para warganet.

Banyak orang yang mencari soal profil dan biodata AKP Rita Yuliana, hingga prestasi dan jabatannya sebagai anggota Polri selama ini.

Bahkan tak sedikit yang mencari akun Instagram Rita Yulianan, Twitter, sampai statusnya. Yuk, kenalan lebih dekat lagi dengan sosok wanita bernama lengkap Rita Sorcha Yuliana ini.

AKP Rita Yuliana memiliki nama lengkap Rita Sorcha Yuliana, memulai pendidikannya sebagai polisi pada 2010 di Akpol. Kemudian, AKP Rita Yuliana pada tahun 2013 dilantik menjadi Perwira di Surabaya dan melanjutkan pendidikan S1 hingga 2014.

Pada 2014 usai pendidikan S1, AKP Rita Yuliana memulai kariernya sebagai polisi di Polres Gunung Kidul, Yogyakarta sebagai Kanit SPKT yakni sentral pelayanan kepolisian bagi masyarakat selama tiga bulan.

AKP Rita Yuliana sempat viral tahun lalu karena memberikan ucapan Selamat Imlek berbahasa Mandarin. Sejak saat itu, sosoknya mulai menjadi sorotan.

Dalam sebuah wawancara, wanita asal Lombok dengan pemilik akun Instagram bernama @ritasorchayuliana, NTB ini pun menceritakan perjalanan kariernya sampai bisa dikenal publik.

Di katakan jika polisi yang pernah menjabat sebagai Kasat Lantas Polres Lombok Barat tersebut bergabung dengan akpol karena situasi keluarga.

“Timbul cita-cita jadi polwan ketika dulu saya SMA kelas 2 di Lombok Timur ikut Paskib kabupaten. Saat itu pelatihnya ada polisi, ada senior yang polwan, kayaknya keren.”

“Sempat diskusi dengan orang tua, mereka tahu cita-cita saya jadi dokter tapi orang tua sudah hampir pensiun jadi mereka merekomendasi lebih amannya masuk ikatan dinas,” katanya.

Orang tua AKP Rita Yuliana sebenarnya menginginkan putrinya masuk IPDN. Karena itu, ia pun sempat ikut seleksi bersamaan dengan akpol tapi kemudian lebih memilih jadi polisi.

Meski sempat dihadapkan dengan anggapan bahwa sulit jadi polwan tanpa ‘bantuan’ keluarga, Rita bisa membuktikan bahwa dirinya bisa.

Setelah akhirnya diterima sebagai polisi bisa dibilang karier Rita cukup mulus hingga kini berdinas di Polda Metro Jaya, tepatnya di Direktorat Reserse Kriminal Khusus.

Ia pertama kali ditugaskan di Bagian Sentra Pelayanan Kepolisian di Gunungkidul, Yogyakarta. Rita pun membagi pengalaman tak terlupakannya selama di sana yakni ketika sering menemukan kasus gantung diri.

Wanita yang pernah mengikuti beasiswa pendidikan Bahasa Mandarin di Beijing Foreign Studies University selama delapan bulan itu pun sempat berbagi mengenai keistimewaan seorang polwan.

Walau merasa tidak ada perbedaan praktis antara polisi pria dan wanita, ia mengakui bahwa polwan biasanya lebih lembut.

“Tidak ada bedanya tapi wanita lebih bisa berkomunikasi dengan lembut dan dari hati ke hati,” katanya dalam wawancara di program SEA Morning News.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS