Wisata Petik Timun Suri di Bekasi: Kesegaran Buah dan Berkah Ramadhan

Wisata Petik Timun Suri di Bekasi

MENIT.CO.ID – Di Desa Sriamur, Kecamatan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, wisata petik timun suri menjadi daya tarik baru bagi warga.

Para pengunjung dapat merasakan sensasi memetik buah segar langsung dari pohonnya, dengan harga yang lebih murah dibandingkan di pasaran.

Annah (34), salah satu pengunjung, mengatakan bahwa wisata ini cocok untuk ngabuburit bersama teman dan keluarga. Selain mendapatkan buah segar, pengunjung juga dapat menikmati suasana pedesaan yang asri.

Heri (36), pengunjung lainnya, mengaku bahwa timun suri yang dipetik langsung dari pohonnya memiliki rasa yang lebih enak dan segar. Ia pun berencana mengolahnya menjadi es buah dan menu berbuka puasa.

Soka Ali Sabana, seorang petani timun suri, menjelaskan bahwa harga timun suri di kebunnya hanya Rp4.000 per kilogram.

Selain dijual langsung kepada pengunjung, hasil panennya juga diborong oleh pengepul dari Jakarta dan Bandung karena kualitasnya yang unggul.

Musim panen timun suri tahun ini membawa berkah bagi para petani di Desa Sriamur. Curah hujan yang tidak begitu tinggi membuat hasil panen lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.

Namin Samsudin (34), seorang petani, mengatakan bahwa panennya kali ini mencapai lima kuintal per sekali panen, meningkat dari empat kuintal pada tahun sebelumnya. Harga jual timun suri pun mengalami peningkatan dari Rp2.500 menjadi Rp4.000 per kilogram.

Soka Ali Sabana menambahkan bahwa timun suri asal Tambun Utara memiliki rasa yang berbeda dan lebih wangi dibandingkan dari daerah lain. Hal ini menjadikannya pilihan utama bagi para pengepul dari Jakarta dan Bandung.

Wisata petik timun suri di Bekasi menawarkan pengalaman yang menarik bagi pengunjung, dengan harga yang terjangkau dan kualitas buah yang unggul. Di samping itu, musim panen yang berlimpah dan kenaikan harga jual membawa kebahagiaan bagi para petani di Desa Sriamur.

Apa Itu Timun Suri?

Musim panas identik dengan buah segar yang melegakan dahaga, salah satunya adalah timun suri. Timun suri, yang juga dikenal sebagai mentimun suri, bonteng suri, timun betik, atau barteh, adalah buah yang banyak digemari saat musim panas.

Timun suri merupakan tumbuhan semusim anggota suku labu-labuan (Cucurbitaceae), masih satu keluarga dengan labu dan melon. Buah ini memiliki bentuk lonjong dengan warna kulit hijau kekuning-kuningan.

Daging buahnya berwarna putih, berserat, dan mengandung banyak air, sehingga sangat menyegarkan saat dikonsumsi.

Timun suri kaya akan manfaat bagi kesehatan. Buah ini mengandung vitamin A, C, dan B kompleks, serta mineral seperti kalium, magnesium, dan fosfor. Timun suri juga rendah kalori dan lemak, sehingga cocok untuk dikonsumsi sebagai camilan sehat.

Manfaat dari Timur Suri

Berikut beberapa manfaat timun suri bagi kesehatan:

  • Mencegah dehidrasi: Kandungan air yang tinggi pada timun suri membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi, terutama saat cuaca panas.
  • Menjaga kesehatan pencernaan: Timun suri kaya akan serat yang membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.
  • Menjaga kesehatan kulit: Vitamin A dan C pada timun suri membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh: Vitamin C pada timun suri membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan infeksi.
  • Menurunkan tekanan darah: Kandungan kalium pada timun suri membantu menurunkan tekanan darah.

Timun suri adalah buah yang menyegarkan dan kaya manfaat bagi kesehatan. Buah ini mudah diolah menjadi berbagai macam hidangan yang lezat. Jadi, jangan lupa untuk memasukkan timun suri dalam menu harian Anda.