1 Maret 2021, Berobat Gratis di RSUD Dumai Cukup Bawa KTP dan KK

  • Bagikan

Menit.co.id – Pelayanan kesehatan merupakan salah satu kebutuhan yang mendasar bagi setiap orang. Namun, banyak sekali ditemui masyarakat yang belum bisa mendapatkan akses layanan kesehatan berkualitas.

Salah satu alasan utamanya karena ketidakmampuan warga dalam menanggung biayanya. Untuk mengatasi hal tersebut, ada pemerintah daerah yang telah menemukan solusinya.

Solusi tersebut adalah menerapkan layanan kesehatan gratis dengan hanya menggunakan kartu tanda penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK). Berikut ini daerah yang melaksanakan Program Pengobatan Gratis.

Pemerintah Kota Dumai mulai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Dumai terhitung pada 1 Maret 2021 akan memberlakukan penggratisan biaya pelayanan untuk warga Dumai.

Ini adalah bagian dari program kerja Walikota Dumai Piasal dan Wakil Walikota Dumai Amris. Adapun syarat untuk mendapatkan pelayanan gratis di rumah sakit milik Pemerintah Kota Dumai sebagai berikut;

Pelayanan gratis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Dumai harus membawa Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) atau Kartu Keluarga (KK) berkedudukan di Kota Dumai.

Seluruh pelayanan instalasai gawat darurat (IGD) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Dumai bagi warga Dumai. Tindak lanjut pelayanan membutuhkan rawat inap di Kelas III bagi warga Dumai.

Kemudian layanan ambulance baik rujuk maupun di dalam kota bagi warga Dumai. Semua ini bisa dinikmati masyarakat dengan catatan tidak di Jamin Asuransi apapun dan BPJS yang tertungga premi.

Hal ini juga dibenarkan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Kota Dumai, drg. Ridhonaldi. “Ini adalah program kesehatan yang diciptakan kepala daerah yang baru untuk warga Dumai,” katanya, kepada media.

Dia berharap program ini bisa bermanfaat untuk masyarakat Kota Dumai dalam menikmati bidang layanan kesehatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Dumai. “Semoga ini bermanfaat bagi warga Dumai,” ucapnya.

Sedangkan Walikota Dumai Paisal, mengatakan tujuan dan sasaran program ini untuk meningkatkan akses pelayanan terhadap seluruh lapisan masyarakat Kota Dumai agar tercapai derajat kesehatan yang optimal.

“Sasaran kita adalah warga Dumai yang tidak termasuk ke dalam program Asuransi Kesehatan apapun. Mudah-mudahan program ini bisa bermanfaat bagi warga Dumai untuk mendapatkan pelayanan kesehatan,” ucapnya.

  • Bagikan