17 Poliklinik RSUD Kota Dumai Siap Melayani Kesehatan Masyarakat

  • Bagikan
RSUD Dumai Sarana Berobat Nyaman di Masa Pandemi Covid-19
RSUD Dumai Jalankan Pelayanan Kesehatan Gratis untuk Masyarakat

Menit.co.id – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Dumai menjadi salah satu fasilitas kesehatan yang diperlukan dalam mendapatkan pelayanan, termasuk terapi pengobatan dan perawatan lainnya.

Setiap rumah sakit memiliki fasilitas berbeda, serta memiliki profil tenaga medis yang beranekaragam pula. Saat memilih rumah sakit, Anda perlu memahami dan menyesuaikan dengan kebutuhan juga.

Jika kamu berdomisili di Kota Dumai dan hendak memilih rumah sakit untuk berobat, tentunya pasti memilik rumah sakit dengan fasilitas yang lengkap. Yaitu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Dumai.

Rumah sakit milik Pemerintah Kota Dumai yang berada di Jalan Tanjung Jati, Kelurahan Buluh Kasap, Kecamatan Dumai Timur tersebut kini miliki 16 poliklik guna memudahkan pelayanan kesehatan masyarakat.

Adapun 17 poliklik yang dimiliki RSUD Dumai sebagai berikut:

1. Poliklinik Anestesi

Poliklinik Anestesi di RSUD Kota Dumai melayani konsultasi dan pemeriksaan pasien yang akan menjalani tindakan pembedahan yang membutuhkan pembiusan atau anestesi.

Di klinik ini pasien juga dapat berdiskusi langsung dengan dokter anestesi tentang semua hal yang menyangkut persiapan pembiusan, seperti persiapan puasa, pemeriksaan darah, teknik pembiusan yang diinginkan dan dibutuhkan serta penatalaksanaan paska pembedahan.

Kesemuanya itu dilakukan demi tercapainya keamanan dan kenyamanan pasien (patient safety) menjelang, selama dan sesudah operasi berlangsung. Kemudian dokternyapun dokter spesialis yang memiliki tanggung jawab memberikan anestesi (pembiusan) sebelum pasien menjalani operasi atau prosedur medis lainnya.

2. Poliklinik Bedah

Poliklinik Bedah melayani masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan dalam proses pembedahan umum ditangani oleh dokter spesialis bedah yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Dokter bedah adalah dokter spesialis yang mengobati penyakit, cedera, atau kondisi gawat darurat pada tubuh melalui metode bedah (operatif) dan obat-obatan.

Dalam praktiknya, dokter spesialis bedah tak jarang menerima rujukan dari dokter umum atau dokter spesialis lain terkait kondisi pasien yang membutuhkan tindakan bedah.

Kemudian, dokter bedah akan melakukan diagnosis sesuai keahlian dan ilmu yang dimiliki untuk menentukan perlu atau tidaknya prosedur bedah dilakukan.

Dalam menangani pasien, dokter bedah bertugas merawat pasien pada saat sebelum, selama, dan setelah prosedur pembedahan. Saat prosedur bedah dilakukan, dokter bedah bekerjasama dengan dokter anestesi dan perawat di ruang operasi dalam menangani pasien.

Dokter spesialis bedah menangani penyakit yang memerlukan pembedahan sebagai upaya pengobatan. Beberapa penyakit tersebut di antaranya:

1.Operasi Kecil. 2.Operasi Hernia, Usus Buntu, Haemoroid (Wasir). 3. Konsultasi Seputar Proses Pembedahan. 4. dan lain-lain.

3. Poliklinik Penyakit Dalam

Poliklinik Penyakt Dalam (Internist) merupakan salah satu unit layanan dan berfungsi menangani berbagai kasus penyakit dalam baik yang berhubungan dan berkaitan dengan penanganan atau tindakan ortopedi maupun tidak.

Di antara layanan yang bisa ditangani oleh Poliklinik Penyakit Dalam adalah konsultasi dan penanganan diabetes, hipertensi, ginjal, saluran cerna, infeksi, alergi, imunologi, geriatri, dan sebagainya.

Untuk memberikan pelayanan yang optimal, Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Kota Dumai didukung oleh dokter spesialis penyakit dalam yang profesional, terampil, berpengalaman dan ahli pada bidangnya.

4. Poliklinik Gigi Umum

Poliklinik Gigi Umum merupakan salah satu dari jenis layanan di RSUD Kota Dumai yang memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut berupa pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut.

Kemudian pengobatan dan pemberian tindakan medis kesehatan gigi dan mulut seperti penambalan gigi, pencabutan gigi dan pembersihan karang gigi, juga melayani tindakan medis spesialistik tingkat pertama seperti perawatan saluran akar pada gigi anterior atau gigi satu saluran akar.

5. Poliklinik Paru

Poliklinik Paru merupakan salah satu dari jenis layanan di RSUD Kota Dumai khusus menangani pasien yang memiliki masalah pada paru-paru dan fungsi pernapasan. Beragamnya masalah pada paru-paru dan saluran pernapasan tentu membutuhkan pelayanan yang spesifik.

Poliklinik Paru melayani masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan paru yang ditangani oleh dokter Spesialis Paru yang berpengalaman. Pelayanan yang ditangani di Poli Paru adalah :

Abses paru, Bronkiektasis, Penyakit paru obstruktif kronik, Tuberkulosis paru, Displasia bronkopulmonar, Pneumonia aspirasi, Efusi pleura, Atelektasis, Edema paru, Kistik fibrosis, Emfisema paru, Penyakit paru interstisial, Gagal napas dan lainnya.

6. Pelayanan Radiologi

Pelayanan Radiologi merupakan salah satu jenis layanan di RSUD Kota Dumai bertujuan untuk membantu klinisi dalam menilai adanya kelainan/lesi patologis yang mencakup seluruh bidang kedokteran, terutama bedah, penyakit dalam, anak/pediatrik, kebidanan & kandungan, pulmonologi, kardiologi, telinga, mata, dan sebagainya.

Adapun instrumen/modalitas pemeriksaan radiologi yang tersedia mulai dari radiologi konvensional, CT scan, dan USG yang penggunaannya sesuai indikasi dan permintaan dari klinisi.

7. Poliklinik Spesialis Anak

Poliklinik Spesialis Anak merupakan jenis layanan di RSUD Kota Dumai khusus memberikan pelayanan untuk bayi dan anak dalam memberikan konsultasi bagi segala kelainan penyakit yang biasa diderita oleh bayi dan anak.

Konsultasi akan dilayani oleh dokter spesialisanak (pediatric) dengan bantuan para perawat yang ramah dan terlatih. Jika kamu ingin mendapatkan informasi seputar penyakit anak bisa datang ke Poliklinik Spesialis Anak di RSUD Kota Dumai.

8. Poliklinik Spesialis Bedah Mulut dan Maksilofasial

Layanan spesialis bedah mulut dan maksilofasial di RSUD Kota Dumai adalah pelayanan kedokteran gigi spesialis yang melakukan tindakan operasi yang dilakukan untuk memperbaiki masalah gigi, mulut, rahang akibat penyakit infeksi, tumor atau trauma gangguan tumbuh dan mengembalikan fungsi pengunyahan dan estetik.

9. Poliklinik Spesialis Kedokteran Gigi Anak

Spesialis kedokteran gigi anak merupakan bidang kedokteran gigi yang bertujuan mencegah dan merawat penyakit pada gigi dan mulut secara komprehensif, baik pada anak yang normal maupun anak dengan berkebutuhan khusus.

Spesialis kedokteran gigi anak melayani anak mulai sejak lahir hingga usia remaja. Keberhasilan pedodonti bergantung pada pemeriksaan mulut dini. Sehingga, akar dari masalah gigi dapat terdeteksi dan diatasi dengan segera. Hal ini dapat mencegah makin parahnya kerusakan gigi anak.

10. Poliklinik Spesialis Kulit dan Kelamin

Poliklinik Kulit dan Kelamin adalah Poliklinik yang bertujuan untuk membantu pasien yang memiliki permasalahan kulit, kecantikan dan penyakit kelamin dengan didukung beberapa dokter ahli spesialis kulit dan kelamin.

Poliklinik ini ditunjang dengan peralatan dan fasilitas ruang konsultasi, tindakan, perawatan kulit dan kecantikan yang lengkap.
Pelayanan Poliklinik Kulit dan Kelamin terdiri dari konsultasi kesehatan dan tindakan.

11. Poliklinik Spesialis Patologi Anatomi

Patologi merupakan cabang bidang kedokteran yang berkaitan dengan ciri-ciri dan perkembangan penyakit melalui analisis perubahan fungsi atau keadaan bagian tubuh.

Bidang patologi terdiri atas patologi anatomi dan patologi klinik untuk mendiagnosis penyakit. Sampel yang umumnya digunakan untuk pemeriksaan di laboratorium adalah cairan tubuh seperti urine dan darah. Patologi Anatomi: mempelajari mengenai anatomi jaringan yang terinfeksi.

12. Poliklinik Spesialis THT (Telinga-Hidung-Tenggorokan)

Poliklinik Spesialis THT (Telinga-Hidung-Tenggorokan) adalah Klinik yang di peruntukan mengobati penyakit yang berkaitan dengan telinga, hidung, dan tenggorokan.

Berbagai Penyakit yang Ditangani di Poliklinik THT dengan Dokter Spesialis THT. Dokter THT dapat menangani pasien dari berbagai usia, mulai dari bayi sampai dengan lanjut usia, yg membutuhkan penanganan khusus

Penyakit yang ditangani oleh dokter spesialis THT antara lain: Pemeriksaan Rutin THT, Pemeriksaan Otoakustik, Pemeriksaan Audiometri, Operasi Mikro Telinga, Tympanometri, Brainstem Evoked Response Audiometri (BERA), FEES (Operasi Hidung & Sinur Paranasal secara Endoscopy).

13. Poliklinik Spesialis Kesehatan Jiwa

Tubuh yang sehat tanpa disertai oleh jiwa yang sehat tak akan berarti apa-apa. Tekanan dari lingkungan dan peubahan cara pandang dalam menyingkapi permasalahan dalam kehidupan seringkali mengakibatkan perubahan perilaku individu.

Bagi Individu yang tidak kuat secara mental, seringkali tekanan-tekanan tersebut mengakibatkan seseorang depresi atau stress. Dengan dukungan Dokter Spesialis Jiwa yang berpengalaman, RSUD Kota Dumai membuka Poliklinik Kesehatan Jiwa yang memberikan pelayanan konsultasi, psikoterapi, psikiatri anak & remaja.

14. Poliklinik Spesialis Kandungan

Poliklinik Spesialis Kandungan melayani pemeriksaan kehamilan, penyakit kandungan dan persalinan. Sarana penunjang yang juga kami sediakan untuk mendukung klinik kebidanan dan kandungan ini adalah fasilitas USG untuk mengetahui perkembangan janin pada si ibu hamil.

Tenaga perawat dan bidan yang ada di RSUD Kota Dumai sudah terlatih, kami juga memiliki Dokter ahli spesialis kandungan yang kompeten dibidangnya untuk pembekalan pengetahuan dan persiapan kehamilan dan persalinan ,juga jika anda ingin konsultasi seputar masalah kandungan dan kebidanan.

15. Poliklinik Spesialis Mata

Poliklinik Mata adalah fasilitas medis yang memberikan pelayanan dan pemeriksaan kesehatan mata. RSUD Kota Dumai memberikan pelayanan yang menyeluruh kepada semua pasien.

Pemeriksaan yang terintegrasi oleh dokter spesialis mata dan perawat handal untuk membantu pemeriksaan kesehatan mata anda. Selain itu, untuk memberikan diagnosa yang tepat guna mendapatkan pengobatan yang sesuai dan dilengkapi dengan alat pemeriksaan yang canggih, dan terstandart.

16. Poliklinik Spesialis Saraf

Poliklinik saraf berkaitan dengan menangani kelainan pada sistem saraf manusia, dimana seorang neurolog menangani pasien dewasa dengan mendiagnosis, memberikan perawatan pada pasien yang memiliki kelainan saraf.

Dokter Spesialis Saraf RSUD Kota Dumai memiliki kemampuan untuk mendiagnosis, merawat, dan memanejemen pasien yang mengalami kelainan saraf.

Dokter Spesialis Syaraf menangani kelainan pada sistem saraf, termasuk pada sistem saraf pusat (otak, batang otak, dan otak kecil), sistem saraf tepi (misalnya saraf otak), dan sistem saraf otonom. Dokter Spesialis Syaraf juga dapat mendiagnosa dan memeriksa beberapa kasus pada sistem otot dan tulang.

17. Poliklinik Spesialis Bedah Saraf

Bedah saraf merupakan bidang kesehatan khusus yang berpusat pada pencegahan, diagnosis, pengobatan, dan rehabilitasi gangguan yang menyerang sistem saraf, yang meliputi otak, sumsum tulang belakang, dan saraf perifer.

Bidang ini menangani seluruh sifat-sifat penyakit termasuk penyakit bawaan, trauma, terkait dengan infeksi, dan degeneratif. Salah satu contoh kondisi penyakit bawaan adalah hidrosepalus, sedangkan kasus penyakit yang berhubungan dengan infeksi termasuk meningitis dan mielomeningokel; kedua penyakit ini umumnya menyerang pasien anak-anak.

Dengan banyaknya poliklinik yang dimiliki Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Dumai, tentu masyarakat tidak perlu ragu untuk berobat dan berkonsultasi. Pasalnya, layanan ini tentunya akan ditangani langsung oleh dokter spesialis masing-masing yang membidanginya.

Artikel advertorial ini merupakan bentuk kerja sama dengan Rumah Sakit Umum Daerah Kota Dumai.

  • Bagikan