Asam Lambung Kambuh, Ini Obat Bagi Penderita Maag

Asam Lambung

Menit.co.id – Apakah obat ketika asam lambung kambuh? Berikut ini obat bagi penderita maag yang mujarab dan tidak mengadung efek samping berlebihan.

Normalnya, organ pada sistem pencernaan manusia sebenarnya punya mekanisme perlindungan sendiri terhadap cairan asam.

Namun, produksi asam oleh lambung dapat melebihi kadar normal sehingga menyebabkan kerusakan pada organ pencernaan.

Tingkat asam tersebut bisa mencapai pH 2 – 3, yang mana makin kecil angkanya makin besar tingkat keasamannya.

Padahal dalam tingkat yang normal, asam seharusnya berperan untuk membantu proses pencernaan protein.

Misalnya lapisan perut, usus, maupun kerongkongan. Akibatnya, akan timbul peradangan serta iritasi yang menandakan adanya masalah pada lambung seperti gastroesophageal reflux disease (GERD) dan maag.

Nah, salah satu upaya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi peningkatan asam lambung tersebut yakni dengan mengonsumsi obat antasida.

Jadi, bisa di simpulkan bahwa antasida adalah obat yang berfungsi untuk menetralkan kadar asam lambung.

Manfaat utama dari antasida yaitu kemampuannya yang dapat membantu menetralkan kadar asam lambung kambuh. Obat ini bekerja secara efektif untuk mengobati berbagai gejala terkait peningkatan asam.

Bukan itu saja, beberapa jenis antasida juga memiliki kandungan simetikon dan alginat. Simetikon yaitu zat yang dapat membantu mengurangi kelebihan gas di dalam tubuh.

Mengenal Penyakit Asam Lambung

Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah munculnya rasa terbakar di dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan.

Gejala penyakit asam lambung muncul minimal 2 kali dalam seminggu. Asam lambung naik atau penyakit asam lambung bisa di alami oleh orang dewasa maupun anak-anak.

Gejala penyakit pada lambung ini sering di duga sebagai serangan jantung atau penyakit jantung koroner, karena gejalanya yang hampir mirip dengan nyeri dada.

Walaupun tidak mematikan seperti serangan jantung, penyakit asam lambung perlu di tangani agar tidak menimbulkan komplikasi.

Gejala Penyakit Asam Lambung

Berikut ini gejala utama dari asam lambung naik adalah rasa seperti terbakar di dada (heartburn), yang bertambah parah setelah makan atau saat berbaring.

Gejala ini dapat di sertai dengan keluhan gangguan pencernaan lainnya, seperti sering bersendawa, mual dan muntah, serta maag dan sesak napas. Penyakit asam lambung juga dapat menimbulkan keluhan mulut terasa asam.

Penyebab Penyakit Asam Lambung

Asam lambung naik ke kerongkongan (refluks asam lambung) terjadi ketika otot kerongkongan bagian bawah (otot LES) melemah.

Otot LES ini seharusnya berkontraksi dan menutup saluran ke kerongkongan setelah makanan turun ke lambung. Bila otot ini lemah, kerongkongan akan tetap terbuka dan asam lambung akan naik kembali ke kerongkongan.

Kondisi ini lebih berisiko terjadi pada orang lanjut usia (lansia), orang dengan obesitas, perokok, orang yang sering berbaring atau tidur setelah makan, dan wanita hamil.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS