Beberapa Obat Asma Alami yang Bisa Kamu Buat di Rumah

  • Bagikan
Beberapa Obat Asma Alami yang Bisa Kamu Buat di Rumah

Menit.co.id – Saluran pernapasan penderita asma yang lebih sempit mengakibatkan banyak masalah. Mulai dari sesak napas, batuk, dan lain-lain. Hal itu semakin parah saat produksi lendir meningkat.

Supaya kondisi kesehatan kamu bisa tetap terjaga, ada beberapa obat asma yang bisa kamu coba. Selain produksi lendir yang meningkat, kamu juga perlu memerhatikan faktor lain yang dapat memperparah asma.

Misalnya, asap rokok, obesitas, dan faktor yang lain. Segera periksakan diri ke dokter jika sistem pernapasan Anda terganggu.

Tak hanya mengikuti saran dokter, Anda juga bisa memanfaatkan beberapa jenis obat asma alami. Namun, perlu diingat bahwa bahan alami berikut ini hanya mampu mengatasi asma ringan. Jangan lanjutkan pemakaian bahan alami ini jika muncul efek samping yang mengganggu kesehatan Anda.

Madu

Mengutip dari Pharmeasy (pharmeasy.in), madu dapat meringankan sakit tenggorokan dan batuk yang sedang dialami. Jika masalah tersebut tak segera Anda atasi, penyakit asma bisa semakin parah. Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah.

Pertama, minum segelas air hangat yang sudah dicampur dengan madu. Cobalah untuk melakukan cara tersebut secara rutin supaya kondisi kesehatan Anda terjaga. Anda juga bisa mengganti air hangat dengan teh herbal kesukaan Anda.

Kunyit

Bahan alami berikutnya yang bisa Anda manfaatkan sebagai obat asma adalah kunyit. Apalagi jika asma sering terjadi karena Anda alergi terhadap sesuatu. Jenis rempah tersebut mengandung antialergi yang efektif mengatasi gejala asma.

Cobalah untuk mengkombinasikan kunyit dalam makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Kandungan dalam kunyit mampu menekan histamin sehingga inflamasi dalam tubuh mereda.

Bawang Putih

Asma juga bisa Anda atasi dengan bawang putih, lo. Penyakit asma mengakibatkan saluran pernapasan rentan mengalami peradangan. Nah, hal itu bisa Anda hindari dengan mengonsumsi bawang putih secara rutin. Kemampuan itu berasal dari antiinflamasi yang terdapat dalam bawang putih.

Kafein

Penderita asma juga bisa memanfaatkan kafein untuk menghindari penyumbatan pada saluran pernapasan. Ada banyak sumber kafein yang bisa Anda pilih. Mulai dari kopi, teh, cokelat, dan lain sebagainya.

  • Bagikan