Belajar Penanganan Covid-19 dari Rusunawa Sejuta Kanal Tembilahan

  • Bagikan
Rusunawa Sejuta Kanal Tembilahan
Rusunawa Sejuta Kanal Tembilahan

Menit.co.id – Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Sejuta Kanal di Tembilahan Barat, Kecamatan Tembilahan Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau, terlihat kembali normal dua pekan terakhir.

Sebelumnya, suasana terasa mencekam ketika 41 penghuni dinyatakan positif Covid-19 di tengah memerahnya kasus penyebaran virus korona di Riau awal Juni lalu.

Pihak desa dibantu Bhabinkamtibmas Tembilahan Barat bertindak cepat. Didirikan lah Posko PPKM Mikro di kompleks rusunawa berpenghuni sekitar 400 jiwa itu untuk membantu warga agar penularan virus tidak semakin meluas.

Penghuni yang sakit dan tidak bergejala diisolasi mandiri, yang sakit diantar ke rumah sakit dan yang sehat diawasi ketat.

PPKM Mikro Rusunawa Sejuta Kanal yang dibina oleh Polres Indragiri Hilir ini memiliki inovasi kartu identitas keluar masuk untuk mengetahui mobilitas warganya. Yang pertama adalah Kartu Keluar Masuk Rusun (K2MR).

Sedangkan untuk warga di luar rusun adalah Kartu Keluar Masuk Lingkungan (K2ML).

Kartu ini sebagai sistem kontrol sehingga terdata keadaan kesehatan setiap keluarga, sehingga bisa diambil tindakan apabila terdeteksi tertular Covid-19. Bila di lingkungan RT berjumlah 100 KK ada satu keluarga terkonfirmasi positif, maka 99 keluarga akan mendapat K2MR.

Apabila seorang warga akan keluar dari lingkungannya, harus melapor ke Posko PPKM. Setibanya kembali ke rusunawa, ia akan dicek kesehatannya oleh tenaga medis di posko tersebut.

“Bila ditemukan warga yang berpotensi tertular karena pertemuan dengan pihak berisiko maka akan langsung diperiksa melalui tes antigen, dan bila terkonfirmasi positif akan dilanjutkan dengan tes PCR, bila terkonfirmasi positif akan segera menjalani isolasi ke Rumah Sakit umum terdekat agar mendapatkan pelayanan intensif,” kata Kapolsek Tembilahan Hulu, AKP Rhino Handoyo, yang mengawasi pelaksanaan Posko PPKM.

Menurut dia, program di posko ini dibuat dan dijalankan sejak ada rilis pertama kasus terkonfirmasi positif di Kabupaten Indragiri Hilir.

Astuti Rida (46 tahun), salah seorang penghuni rusunawa, merasa sangat terbantu dengan pelayanan di sana. Ia pernah dilakukan tracing oleh petugas kesehatan yang berjaga karena terdeteksi kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif.

Sembari menunggu keluarnya hasil PCR, ia diminta untun isolasi di ruangannya, namun tenaga kesehatan yang berjaga tetap memantau dan rutin memberikan vitamin untuk menjaga imunnya.

“Kami terus dipantau dan diberi vitamin hingga hasil tes PCR keluar dan senang karena hasilnya negatif,” kata Astuti.

Menurut Rhino Handoyo, sejak diberlakukan kebijakan PPKM oleh pemerintah, Polsek Tembilahan Hulu mengadakan pelatihan di tingkat desa, RT, RW, dan masyarakat agar semua mawas dan paham apa yang harus dilakukan ketika ada yang terkonfirmasi positif, katanya.

Selain difungsikan sebagai tempat tinggal yang aman dan terkontrol dari penyebaran Covid-19, Rusunawa Sejuta Kanal juga melayani vaksinasi.

Pada awalnya, vaksinasi diprioritaskan untuk kalangan lanjut usia, namun kini siapa saja bisa mendapatkan vaksinasi di sini setelah dikeluarkannya Peraturan Menteri Kesehatan yang memberikan akses kepada siapa saja untuk mendapatkan vaksin tanpa didasari alamat KTP.

Mendapat penghargaan dari Polri

Kepedulian warga Rusunawa Sejuta Kanal terhadap pencegahan penularan Covid-19 ini mendapat perhatian dari Polda Riau. Dalam memperingati Hari Bhayangkara yang ke-75, Kapolda Riau, Irjen Agung Setya Imam Effendi memberikan penghargaan kepada mereka sebagai juara Posko PPKM Mikro se-Provinsi Riau.

Ketua Posko PPKM Mikro Rusunawa Sejuta Kanal, Abdul Hadi, menerima penghargaan itu didampingi Bhabinkamtibmas Tembilahan Barat, Aiptu Robby Nurdiansyah, di Gedung Polda Riau Jalan Pattimura, Pekanbaru, Kamis (01/07/2021).

“Keberhasilan ini berkat kerja sama dan kekompakan antara perangkat RT, bersama Bhabinsa, Bhabinkamtibmas dan tim satgas Covid-19 di Kelurahan Tembilahan Barat serta pihak terkait. Semoga capaian ini menjadi motivasi bagi kami untuk lebih baik lagi di dalam memutus mata rantai Covid- 19,” kata Abdul Hadi.

Posko PPKM ini mendapat hadiah sepeda motor roda tiga dari Kapolda Riau yang akan digunakan untuk operasional posko PPKM.

Pemda Indragiri Hilir Bebaskan Biaya Sewa Rusunawa Selama Pandemi Covid-19

Pemerintah Daerah Indragiri Hilir (Inhil), Provinsi Riau, membebaskan biaya sewa bagi penghuni rumah susun sewa (Rusunawa) Sejuta Kanal Tembilahan Hulu selama pandemi virus corona atau Covid-19.

“Pemerintah daerah membebaskan atau menggratiskan sewa Rusunawa selama pandemi corona karena dampaknya yang ditimbulkannya begitu luas,” sebut Bupati Indragiri Hilir Muhammad Wardan saat mengunjungi penghuni Rusunawa Sejuta Kanal Tembilahan Hulu.

Selain menyampaikan kabar gembira secara langsung kepada para penghuni Rusunawa, Bupati Wardan juga mensosialisasikan pola hidup sehat dan tetap di rumah selama pandemi Covid-19 ini.

“Jaga keluarga kita dari wabah ini, jangan keluar rumah jika tidak terlalu perlu, cuci tangan apabila kembali dari luar dengan sabun dan air mengalir,” kata Wardan mengingatkan.

Wardan juga mengatakan bahawa Rusunawa Sejuta Kanal tersebut telah dilengkapi tempat cuci tangan yang cukup bagi para penghuni yang keluar dan masuk ke kompleks rumah susun tersebut.

Selain itu, bupati dua priode ini mengingatkan kepada para penghuni untuk tetap melasanakan ibadah di rumah secara berjamaah dengan keluarga.

“Untuk yang tetap ingin berjamaah silahkan, tapi tetap mengikuti ketentuan protokol untuk Covid-19 dan senantiasa menggunakan masker dan menjaga jarak,” pesan Wardan.

Selain melakukan sosialisasi, Bupati Wardan juga menyerahkan 171 paket sembako kepada para penghuni Rusunawa.

“Jangan dinilai dari berapa harga nilai isi paketnya tapi adalah kepedulian dan tanggung jawab pemerintah daerah kepada penghuni Rusunawa ini,” tukas Wardan.

Usai bertatap muka, Bupati meninjau Rusunawa yang terdiri dari dua tower dan meninjau lokasi Taman Pengajian Alquran untuk anak-anak yang dikelola secara mandiri dan atas swadaya penghuni rusun.

  • Bagikan