Cara Memilih Produk Perawatan untuk Kulit Bayi yang Sensitif

    Sabtu, 5 Januari 2019 - 10:05 Editor : Redaksi Dibaca : 311 Views

    Menit.co.id Selain orang dewasa, bayi juga membutuhkan beberapa produk perawatan tubuh untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulitnya, mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki. Akan tetapi, memilih produk perawatan tubuh bayi memang tidak semudah memilih produk untuk diri sendiri.

    Kulit bayi yang lebih lembut dan sensitif daripada kulit orang dewasa mengharuskan Anda untuk lebih jeli memilih produk perawatan bayi. Sebab, salah memilih produk perawatan dapat menimbulkan alergi dan iritasi. Berikut tips yang perlu Anda cermati sebelum memilih produk perawatan bayi.

    1. Pastikan memiliki pH Seimbang
    Mencegah gatal pada kulit bayi yang sensitif dapat dilakukan dengan memilih pembersih dan pelembab yang tepat. Salah satunya mencantumkan label pH balance atau pH seimbang dengan pH kulit. Artinya kadar pH produk tersebut telah diseimbangkan dan disesuaikan supaya mendekati nilai pH kulit bayi. Tujuannya untuk membantu menjaga kesehatan lapisan kulit bayi agar terhindar dari ruam dan bintik merah pada kulit.

    2. Teruji Secara Dermatologi

    Teruji Secara Dermatologi (Foto: Shutterstock)

    Selain memastikan pH seimbang, pastikan produk tersebut juga sudah teruji secara dermatologi – artinya telah diuji oleh para dermatologis (dokter kulit) atau orang yang kompeten di bidang medis untuk memastikan bahwa produk tersebut dapat digunakan untuk kulit bayi.

    3. Melembabkan Kulit
    Udara yang dingin dan pemanas ruangan dapat menyebabkan kulit bayi kering dan mudah iritasi akibat kurangnya kelembaban pada tubuh. Untuk menanggulanginya, selain memastikan si kecil minum yang cukup, Anda bisa menggunakan lotion agar kelembaban kulitnya selalu terjaga. Untuk kulit sensitif pada bayi, pilih produk yang mengandung lebih banyak pelembab sehingga mampu memberikan kelembaban lebih lama.

    4. Mengandung Bahan Alami

    Gandum (Foto: Shutterstock)

    Kulit bayi yang sensitif memang membutuhkan perawatan yang khusus. Salah menggunakan produk atau kurang tepat merawat kulitnya malah akan membuat masalah kulit semakin parah. Agar bayi tetap merasa nyaman dan terhindar dari iritasi, pilih produk yang terbuat dari bahan-bahan alami organik seperti minyak argan organik, shea butter, minyak zaitun organik, dan gandum organik.

    5. Pilih yang Hypoallergenic
    Sama seperti produk kosmetik, memilih produk perawatan tubuh bayi juga harus memastikan hypoallergenic atau tidak. Hypoallergenic artinya aman digunakan untuk kulit sensitif dan rendah potensi menimbulkan reaksi alergi. Meski biasanya tercantum pada label kemasan, untuk lebih memastikannya, Anda bisa mencobanya terlebih dahulu di punggung tangan atau pergelangan tangan. Produk yang hypoallergenic tidak akan menimbulkan reaksi panas, gatal-gatal, atau timbul bintik kemerahan.

    Perawatan kulit bayi yang sensitif merupakan masalah yang rumit. Meski rumit bahkan tergolong sulit, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan produk perawatan khusus untuk merawat kulit bayi yang sensitif.

    PZ Cussons memperkenalkan rangkaian solusi perawatan terbaru SensiCare dari Cussons Baby, produk khusus untuk perawatan kulit bayi yang sensitif. Dengan teknologi formulasi Derma Soft Complex (Sistem pelembab kompleks yang mengandung 100% gandum organik, 100% minyak zaitun organik, dan ceramide) dalam bentuk Hair and Body Wash, Intensive Soothing Cream, dan 24hr Daily Moisturizing Lotion, Cussons Baby SensiCare memberikan perawatan lengkap untuk kulit bayi baru lahir, sensitif dan rentan eczema yang telah teruji Hypoallergenic.

    Produk yang terbuat dari kandungan bahan organik ini juga telah disetujui dokter kulit dan dokter anak untuk digunakan pada bayi yang baru lahir, kulit sensitif dan kulit yang rentan eksim. Produk ini juga cocok untuk digunakan orang dewasa.

    Sponsor by:



    Komentar Pembaca: