Cara Mengatasi Bibir Kering, Ikuti Langkah Berikut Ini

Cara Mengatasi Bibir Kering
Bibir Kering dan Pecah

MENIT.CO.ID Cara mengatasi bibir kering dan penyebabnya tersaji secara lengkap melalui artikel ini. Simak, cara mengatasi bibir kering dan penyebabnya berikut ini.

Mengalami masalah bibir kering memang cukup menyedihkan bagi setiap orang. Memiliki bibir kering juga sangat mengganggu penampil seseorang.

Bibir kering adalah kondisi di mana bibir kehilangan kelembapan alami mereka, menyebabkan kulit bibir menjadi pecah-pecah, kering, dan terkadang merah atau teriritasi.

Kondisi ini umum terjadi dan bisa menjadi sangat tidak nyaman. Nah, melalui ulasan berikut ini kamu akan mendapatkan penyebab dan cara mengatasi bibir kering.

Penyebab Bibir Kering

Bibir kering dapat disebabkan oleh berbagai faktor internal dan eksternal. Beberapa penyebab bibir kering antara lain:

Kurangnya hidrasi: Salah satu penyebab utama bibir kering adalah kurangnya asupan air yang cukup untuk tubuh. Dehidrasi menyebabkan tubuh kehilangan kelembaban, termasuk bibir.

Cuaca ekstrem: Pausan panas, angin kencang, dan udara dingin dapat menyebabkan bibir kehilangan kelembaban alami mereka, menyebabkan kering dan pecah-pecah.

Paparan sinar matahari: Sinar UV dari sinar matahari dapat merusak kulit bibir, mengakibatkan bibir kering, pecah-pecah, dan bisa menyebabkan luka bakar bibir.

Licking bibir: Mungkin terdengar kontradiktif, tetapi menjilat bibir secara berlebihan dapat menyebabkan bibir lebih kering. Air liur menguap dan menyebabkan bibir menjadi lebih kering.

Kelembaban udara rendah: Udara yang kering, khususnya di musim dingin atau di daerah dengan iklim kering, dapat menyebabkan penguapan kelembaban dari bibir, menyebabkan kekeringan.

Penggunaan produk kosmetik yang mengandung bahan iritasi: Beberapa lipstik, lip balm, atau produk perawatan bibir mengandung bahan-bahan yang bisa mengiritasi kulit bibir dan menyebabkan kekeringan.

Kebiasaan merokok: Merokok dapat menyebabkan bibir mengalami kekeringan karena asap rokok mengandung bahan kimia yang mengiritasi bibir.

Reaksi alergi atau sensitivitas: Beberapa orang mungkin memiliki reaksi alergi terhadap bahan-bahan dalam makanan, produk perawatan bibir, atau obat-obatan tertentu, yang menyebabkan bibir kering.

Penyakit kulit: Beberapa kondisi medis seperti eksim atau psoriasis dapat menyebabkan bibir mengalami kekeringan.

Kekurangan vitamin atau nutrisi: Kekurangan vitamin A, B, dan E, serta zat besi, dapat menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah.

Setelah mengetahui beberapa penyebab bibir kering, Anda selanjutnya bisa menyimak informasi tentang tata cara mengatasi bibir kering di bawah ini.

Cara Mengatasi Bibir Kering

Berikut adalah cara mengatasi bibir kering secara lengkap:

  • Minum banyak air. Bibir yang kering dapat disebabkan oleh dehidrasi. Oleh karena itu, penting untuk minum banyak air setiap hari untuk menjaga bibir tetap terhidrasi.
  • Gunakan pelembab bibir. Pelembab bibir dapat membantu menjaga kelembapan bibir dan mencegahnya menjadi kering. Pilih pelembab bibir yang tidak mengandung pewangi atau bahan kimia yang dapat mengiritasi bibir.
  • Hindari mengisap bibir. Mengisap bibir dapat membuat bibir menjadi lebih kering. Jika Anda ingin melembabkan bibir, gunakan pelembab bibir atau minum air.
  • Hindari kebiasaan buruk lainnya yang dapat membuat bibir kering, seperti menggigit bibir, mengunyah permen karet, dan merokok. Kebiasaan buruk ini dapat membuat bibir menjadi lebih kering dan rentan terhadap iritasi.
  • Jika bibir Anda sangat kering dan pecah-pecah, Anda dapat menggunakan salep bibir yang mengandung petroleum jelly atau lanolin. Salep ini dapat membantu melembabkan bibir dan mempercepat proses penyembuhan.

Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk mengatasi bibir kering:

  • Hindari berada di lingkungan yang kering, seperti ruangan ber-AC atau ruangan yang banyak menggunakan kipas angin.
  • Jika Anda berada di lingkungan yang kering, gunakan pelembab udara untuk membantu menjaga kelembapan udara.
  • Hindari menggunakan lipstik yang mengandung pewarna atau bahan kimia yang dapat mengiritasi bibir.
  • Jika Anda menggunakan lipstik, pastikan untuk menghapusnya sebelum tidur.

Jika bibir Anda kering dan pecah-pecah dan tidak membaik dengan perawatan di rumah, Anda dapat menemui dokter untuk mendapatkan pengobatan.