Cara Mudah Menjaga Area Kewanitaan yang Wajib Kamu Ketahui

Menjaga Area Kewanitaan

Menit.co.id – Berikut adalah cara menjaga area kewanitaan agar tetap rapat, harum dan terhindar dari bakteri atau virus yang bikin vagina tidak nyaman.

Melalui artikel ini pula, kamu akan mengetahui cara yang benar merawat atau menjaga area kewanitaan agar terhindar dari yang namanya virus maupun bakteri.

Menjaga area kewanitaan sangatlah penting. Walaupun area kewanitaan tidak terlihat, tapi bukan berarti tidak perlu di rawat. Justru karena tertutup, maka indikasi memancing virus cukup lebar.

Jangan mengangap sepele terhadap kesehatan area kewanitaan. Sebab, bila terlanjur maka tidak hanya kenyaman terganggu, bisa jadi menganggu kenyamanan orang lain.

Dalam beberapa kasus langka gangguan pada area kewanitaan bila berbau tajam akan menggangu orang sekitar. Maka sangat perlu menjaga area kewanitaan.

Bagaimana cara menjaga area kewanitaan yang benar?

Merawat dan menjaga kesehatan vagina bisa Anda lakukan dengan cara yang mudah. Hal ini penting untuk mencegah infeksi dan rasa tidak nyaman pada organ intim wanita.

Vagina sebetulnya memiliki mekanisme untuk membersihkan dirinya sendiri dengan cara mengeluarkan cairan vagina. Cairan vagina inilah yang di sebut sebagai keputihan.

Keputihan adalah hal yang normal terjadi asalkan jumlahnya normal, tidak berbau, berwarna bening atau sedikit putih, dan tidak di sertai keluhan gatal atau nyeri pada vagina.

6 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Vagina

Vagina harus di jaga agar selalu kering dan terbebas dari bahan-bahan yang dapat mengiritasi. Berikut ini adalah panduan untuk menjaga kebersihan vagina:

1. Mengganti Under Wear setiap 4-6 jam

Dalam sehari pastikan kamu mengganti dalaman setiap 4-6 jam atau setiap kamu merasa lembab. Ini harus dilakukan untuk mengurangi kemungkinan terinfeksi jamur. Ganti minimal sekali walaupun kamu merasa tidak banyak beraktifitas.

2. Jangan Membiarkan Under Wear Lembab

Dalaman yang lembab tentu tidak nyaman. Selain tidak nyaman juga akan mengundang banyak virus, kuman dan jamur.

Membiarkan area kewanitaan lembab dalam waktu lama juga akan memancing bau tak sedap dan yang parah nya infeksi.

3. Pilih Bahan Under Wear Yang Nyaman

Salah satu bahan yang baik untuk dalaman adalah katun. Material nya yang lembut mampu menyerap keringat. Memilih dalaman yang salah juga bisa membuat rasa tidak nyaman atau gatal di daerah kewanitaan.

Bisa jadi rasa gatal tersebut d sebabkan oleh bahan yang kurag bagus. bahkan dalam beberapa kasus bahan dasar dalaman yang kasar bisa membuat luka d area lipatan.

4. Jangan Bertukar Dalaman dan Handuk

Stop kebiasaan bertukar dalaman dan handuk menyimpan bahaya tidak terlihat. Handuk dan dalaman adalah barang privat yang tidak boleh di gunakan bergantian. Pertukaran penyakit tanpa kita sadari dapat terjadi dari hal tersebut.

Wanita memiliki daerah kewanitaan yang sensitif sehingga butuh perhatian yang khusus. Jika tidak dirawat dan dibersihkan dengan baik area ini rentan mengalami masalah, misalnya infeksi vagina.

Bukan hanya itu, masalah atau penyakit pada area kewanitaan juga bisa saja merambat ke organ reproduksi lainnya.

5. Menggunakan pakaian dalam yang tepat

Gunakan celana dalam berbahan katun karena bahan ini memungkinkan sirkulasi udara yang baik dan dapat menyerap keringat.

Bahan nylon memerangkap panas dan kelembapan, sehingga bakteri mudah bekembang biak. Cuci pakaian dalam dengan sabun yang kandungan deterjennya sedikit dan hindari pelembut pakaian.

Jangan lupa juga untuk mengganti celana dalam secara teratur, terutama jika sudah terasa basah atau lembap.

6. Mencukur bulu kemaluan seperlunya

Bulu kemaluan atau bulu pubis berfungsi untuk melindungi vagina dari bakteri, kotoran, gesekan, dan keringat.

Oleh karena itu, cukur bulu seperlunya saja. Gunakan gel atau krim khusus saat mencukur bulu kemaluan, agar vagina tidak lecet.

Selain hal-hal di atas, mempraktikkan seks aman dan sehat dengan tidak bergonta-ganti pasangan seksual juga merupakan hal yang penting untuk menjaga kesehatan kewanitaan.

Hal ini bertujuan untuk mencegah penyakit menular seksual. Selain menerapkan gaya hidup dan perilaku seks yang sehat, periksakan kesehatan vagina Anda secara rutin ke dokter spesialis kandungan.

Tindakan ini penting dilakukan agar kelainan atau penyakit pada vagina bisa terdeteksi lebih dini, sehingga cepat di tangani. Itulah tadi panduan cara menjaga area kewanitaan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS