Cara Tabir Surya Melindungi Kulit Manusia

Cara Tabir Surya Melindungi Kulit

MENIT.CO.ID – Bagaimana cara tabir surya melindungi kulit manusia? Begitulah pertanyaan yang saat ini muncul di media sosial dan internet.

Untuk mengetahui bagaimana cara tabir surya melindungi kulit manusia, maka simaklah ulasan lengkap yang tersaji di dalam artikel berikut ini.

Tabir surya, juga dikenal sebagai sunscreen atau sunblock, adalah produk yang digunakan untuk melindungi kulit manusia dari bahaya paparan sinar ultraviolet (UV) yang berasal dari sinar matahari.

Paparan sinar UV dapat menyebabkan kerusakan kulit seperti penuaan dini, kanker kulit, dan masalah kulit lainnya.

Berikut adalah 7 cara tabir surya melindungi kulit manusia secara lengkap:

1. Melindungi dari sinar UVB

Tabir surya mengandung bahan aktif yang dapat menghalangi sinar ultraviolet B (UVB) untuk menembus kulit. Sinar UVB adalah penyebab utama terbakarnya kulit dan dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan kulit terluar (epidermis). Dengan melindungi kulit dari sinar UVB, tabir surya membantu mencegah terjadinya kemerahan, ruam, dan risiko terkena kanker kulit.

2. Melindungi dari sinar UVA

Selain melindungi dari sinar UVB, tabir surya juga berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet A (UVA). Sinar UVA dapat menembus lebih dalam ke lapisan kulit (dermis) dan berkontribusi pada penuaan kulit, munculnya garis-garis halus, kerutan, serta flek hitam. Mengandung bahan aktif yang menghalangi sinar UVA, tabir surya membantu mencegah kerusakan kulit jangka panjang yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

3. Menyediakan Perlindungan SPF

Sebagian besar tabir surya memiliki angka Sun Protection Factor (SPF) yang menunjukkan tingkat perlindungan terhadap sinar UVB. Semakin tinggi angka SPF, semakin lama kulit terlindungi dari terbakar akibat paparan sinar matahari. Misalnya, tabir surya dengan SPF 30 berarti Anda bisa terpapar sinar matahari 30 kali lebih lama daripada jika kulit Anda tidak dilindungi, tanpa terbakar. Namun, perlu diingat bahwa SPF tidak memberikan perlindungan penuh terhadap sinar UVA.

4. Mencegah Kanker Kulit

Tabir surya dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker kulit, khususnya kanker kulit jenis karsinoma sel skuamosa dan basal. Melindungi kulit dari paparan sinar UVB, yang terkait dengan pengembangan kanker kulit, adalah langkah penting dalam pencegahan kanker kulit.

5. Mengurangi Penuaan Dini

Tabir surya membantu mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari, seperti keriput, garis halus, dan kehilangan elastisitas. Dengan menggunakan tabir surya secara teratur, Anda dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dini yang disebabkan oleh paparan sinar UV.

6. Mencegah Hiperpigmentasi

Tabir surya juga membantu mencegah hiperpigmentasi atau munculnya bintik-bintik gelap pada kulit. Sinar UV dapat merangsang produksi melanin, pigmen yang memberikan warna pada kulit. Melindungi kulit dari sinar UV membantu mengurangi risiko hiperpigmentasi dan mempertahankan warna kulit yang merata.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Dengan melindungi kulit dari sinar UV, tabir surya membantu menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan. Kulit yang sehat memiliki kemampuan lapisan kulit untuk berfungsi dengan baik, menjaga kelembaban, dan melawan iritasi atau infeksi.

Untuk mendapatkan manfaat penuh dari tabir surya, pastikan untuk menggunakannya secara tepat. Oleskan tabir surya secara merata dan mencukupi pada seluruh area kulit yang akan terpapar sinar matahari.

Jangan lupa untuk mengaplikasikan ulang setiap beberapa jam terutama setelah berenang atau berkeringat, karena keringat dapat mengurangi efektivitas tabir surya.

Selain itu, selalu gunakan tabir surya bahkan saat cuaca mendung, karena sinar UV tetap bisa menembus awan dan menyebabkan kerusakan kulit.