Ciptakan Teh Penurun Gula Darah, Mahasiswa USK Sabet Emas di Rusia

  • Bagikan
Ciptakan Teh Penurun Gula Darah, Mahasiswa USK Sabet Emas di Rusia
Cut Mirna, mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Syiah Kuala (USK)

Menit.co.id – Cut Mirna, mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Syiah Kuala (USK), berhasil meraih medali emas bidang healty industry pada event Moscow International Salon of Inventions and Innovation Technologies ‘Archimedes’ Russian. Acara ini diselenggarakan oleh Indonesian Invention and Innovation Promotion Association (INNOPA).

Cut Mirna menciptakan sebuah produk teh yang mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Dalam mengikuti event ini, Cut Mirna berkolaborasi dengan Thabed Tholib Baladraf dari Universitas Jember.

Mereka memberikan nama inovasinya TEA-JAMACI. Pada tahap sebelumnya mereka diberikan waktu selama tiga minggu untuk melakukan eksperimen teh tersebut dengan membuktikan bahwa teh ini mampu menurunkan kadar gula dalam darah.

Mereka saling bertukar ide untuk mewujudkan keberhasilan produk. serta mengadakan pengujian laboratorium. Cut Mirna dan Thabed menciptakan produk ini di komunitas pondok inspirasi yang menjadikan mereka satu komunitas dan saling menuangkan ide.

BACA : 5 Pemanis Alami Pengganti Gula dan Manfaatnya

“Teh yang kami buat ini terdiri dari rempah pilihan di Aceh dan Jember. Kami mengkombinasikan rempah-rempah tersebut untuk menjadikan inovasi yang abstrak dan baik untuk kesehatan,” jelas Cut Mirna mengutip siaran pers USK, Jumat, 16 April 2021.

Cut Mirna mengatakan, banyak investor yang mengunjungi produk mereka di event ini. Walaupun diselenggarakan secara virtual dengan desain 3D, hal tersebut tidak menurunkan semangat mereka untuk menjelaskan detail produk.

Cut Mirna dan Thabed memiliki ketertarikan yang sama dalam hal menulis karya ilmiah. Produk ciptaan mereka ini mampu mencengangkan para juri di Rusia hingga memberikan medali emas kepada mereka.

Cut Mirna berharap produk ini bisa menjadi dijual secara komersil dan juga bermanfaat bagi orang banyak serta bisa dipasarkan diberbagai platform baik online maupun offline.

  • Bagikan