Dorce Meninggal Dunia Terserang Virus Corona

Dorce Meninggal Dunia

Menit.co.id – Dorce Gamalama meninggal dunia saat terserang virus corona. Ia meninggal dunia pada Rabu (16/2) dan genap usia 58 tahun.

“Beliau kena covid hampir 3 minggu di rumah sakit,” ujar kerabat Dorce Gamalama, Hetty Sunjaya kepada awak media, Rabu (16/2/2022).

Menurutnya, beberapa waktu lalu Dorce di larikan ke rumah sakit karena covid-19. Kondisinya langsung drop hingga tak sadarkan diri.

“Memang beliau kena Covid udah hampir 3 minggu di rumah sakit,” kata Hetty sambil menangis.

Lebih lanjut kata Hetty, kondisi mendiang terus menurun saat di rawat di rumah sakit.

“Langsung drop nggak sadarkan diri sampai meninggalnya,” katanya.

Saat ini, jenazah dengan nama asli Dedi Yuliardi Ashadi masih berada di RSPP Simprug. Pemakamannya bakal di urus pihak rumah sakit karena Covid-19.

Dorce Dapat Perawatan Intensif Sebelum Meninggal Dunia

Dorce Gamalama meninggal dunia usai di rawat intensif selama beberapa hari di rumah sakit. Di ketahui, ia menderita diabetes dan sempat tak sadarkan diri.

Selain diabetes, Dorce juga mengidap sakit batu ginjal pada 2019. Menurut keponakan Dorce yang bernama Mimi, Dorce Gamalama sudah sering bolak-balik rumah sakit sejak pertengahan 2020 hingga puasa 2021.

Saat di rawat di rumah sakit, Dorce Gamalama sempat membuat video yang di tujukan kepada Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri. Dalam video itu, Dorce mengaku butuh bantuan untuk biaya perawatan.

Keluarga Dorce membenarkan video tersebut. Mereka juga mengungkapkan bahwa biaya pengobatan Dorce selama ini telah di tanggung pemerintah melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Sehingga, Dorce mendapatkan perawatan di RS Pusat Pertamina (RSPP).

Dorce Gamalama terlahir dengan nama asli Dedi Yuliardi Ashadi pada 21 Juli 1963. Ia merupakan satu komedian yang mengawali kariernya sebagai pelawak dengan berpura-pura menjadi perempuan.

Ia tampil dengan nama panggung Dorce Ashadi yakni pemberian dari Myrna, pemimpin kelompok tari waria Fantastic Dolls.

Guna mendukung penampilan di atas panggung, Dorce melakukan operasi ganti kelamin di Surabaya pada 1983.

Ia kemudian lebih di kenal dengan nama Dorce Gamalama yang di ambil dari Gunung Gamalama di Pulau Ternate, Kepulauan Maluku.

Semenjak itu namanya semakin di kenal di dunia hiburan. Ia kerap tampil sebagai seorang pembawa acara televisi salah satunya dalam talk show Dorce Show di Trans TV pada 2005.

Ia juga di kenal sebagai penyanyi, yang berhasil mencatatkan rekor di Museum Rekor Indonesia (MURI) atas peluncuran sembilan album sekaligus hanya dalam waktu lima bulan.