Dukungan Sangat Diperlukan Ketika Pasangan Sedang Isolasi Mandiri

  • Bagikan
Dukungan Sangat Diperluakan Ketika Pasangan Sedang Isolasi Mandiri
Tepat Mesra Walau Pasangan Sedang Isolasi Mandiri

Menit.co.id – Isolasi Mandiri bagi pasien Covid-19 mengandung konsekuensi tidak ada tatap muka secara fisik dengan orang-orang terdekat.

Ada rasa campur aduk saat pasangan harus berada di ruangan sendiri dan beraktivitas terpisah.

Kasandra Putranto, psikolog klinis, mengungkapkan pasien umumnya berada dalam kondisi mental terkejut.

Pasien bertanya-tanya bagaimana bisa tertular, bagaimana kondisinya, seberapa parah gejala, apa yang harus dilakukan, juga bagaimana caranya agar orang sekitar tidak tertular.

Namun bagi pasangan suami istri, hal Ini pun ditambah bayang-bayang kesendirian selama 10-14 hari.

“Dengan profil psikologis mereka yang khas, sebagian dari mereka mungkin mengembangkan rasa cemas, takut bahkan tertekan,” kata Kasandra saat dihubungi CNNIndonesia.com.

Dalam kondisi demikian, dukungan Anda sangat diperlukan. Apa saja yang bisa dilakukan agar pasangan tetap positif dan tetap intim meski sedang isolasi mandiri?

1. Tak pernah putus komunikasi

Samantha Elsener, psikolog anak dan keluarga, mengatakan komunikasi jangan pernah terputus. Isoman memang mengisolasi seseorang secara fisik tetapi tidak dengan mentalnya.

“Kata isolasi saja udah bikin mental drop. Perasaan bingung, kesepian, ketakutan bawa virus buat keluarga, belum lagi kalau ada gejala yang cukup mengganggu. Itu membuat mentalnya makin drop,” kata Samantha saat bincang virtual bersama Good Doctor, beberapa waktu lalu.

Dia pun menyarankan untuk memberikan semangat pada pasangan semisal jika di rumah ada APD, kemudian tetap bisa berjumpa dengan pasangan.

Ruang isoman difungsikan sebagai ruang khusus di mana Anda memberikan pasangan perawatan dan suntikan semangat. Namun ingat, tetap perhatikan protokol kesehatan yang ketat selama merawat orang isoman.

2. Saling berkirim pesan jenaka

Momen-momen isoman sebaiknya tidak diisi dengan informasi atau berita negatif. Anda bisa berkirim pesan bernuansa jenaka, meme lucu atau video-video menarik lainnya. Pesan bernuansa Covid-19 malah membuatnya makin terbebani.

3. Romantis meski lewat layar

Siapa bilang romantis cuma bisa lewat sentuhan fisik? Samantha menuturkan Anda dan pasangan tetap bisa romantis meski secara virtual. Misalnya, ajak pasangan nonton bareng via Zoom atau video call.

Ritual-ritual yang biasanya dilakukan sebelum bekerja atau tidur sebenarnya tetap bisa dilakukan. Anda bisa melakukan panggilan video sebelum bekerja. Ini seperti berpamitan via daring.

“Video call sebelum tidur juga bisa,” imbuhnya.

 

 

  • Bagikan