Hari Gizi Nasional 2024: Tema, Slogan dan Sejarahnya

Hari Gizi Nasional 2024

MENIT.CO.ID – Sudah tahu slogan Hari Gizi Nasional 2024? Berikut adalah sloga dan tema Hari Gizi Nasional 2024 yang jatuh pada tanggal 25 Januari 2024.

Tema Hari Gizi Nasional ke-64 tahun 2024 adalah MP-ASI Kaya Protein Hewani Cegah Stunting. Sedangkan untuk slogan Hari Gizi Nasional 2024 adalah MP-ASI Berkualitas untuk Generasi Emas.

Tanggal 25 Januari biasa diperingati sebagai Hari Gizi Nasional. Hari Gizi Nasional diperingati tak lain adalah untuk meraih kepedulian dari berbagai pihak.

Lebih jauh, diharapkan munculnya komitmen bersama untuk membangun perbaikan gizi menuju bangsa sehat berprestasi.

Pada peringatan Hari Gizi Nasional ke-64 tahun 2024, pencegahan stunting difokuskan pada pemberian makanan yang mengandung protein hewani untuk bayi dan balita.

Tema yang diangkat pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI di HGN 2024 ini yakni fungsi Makanan Pengganti Air Susu Ibu (MP-ASI) yang berkualitas untuk mencegah stunting.

Sejarah Hari Gizi Nasional

Pada tahun 1950, Menteri Kesehatan RI, Laksamana (Tit.) Dr. Johannes Leimena menunjuk Prof. Poorwo Soedarmo untuk mengepalai Lembaga Makanan Rakyat (LMR). Sebuah lembaga yang menginduk pada Lembaga Penelitian Kesehatan.

Dahulu, LMR dikenal sebagai Instituut Voor Volksvoeding (IVV) yang merupakan bagian dari Lembaga Penelitian Kesehatan.

Prof. Poorwo Soedarmo yang dikenal sebagai Bapak Gizi Indonesia, melalui lembaga yang dipimpinnya, lalu mengadakan pengkaderan tenaga gizi Indonesia. Pengkaderan itu dimulai pada 25 Januari 1951.

“Kemudian disepakati bahwa tanggal 25 Januari di peringati sebagai Hari Gizi Nasional Indonesia,” tulis situs resmi Kementerian Kesehatan RI, sehatnegeriku.kemkes.go.id.

Peringatan Hari Gizi Nasional yang pertama kali diselenggarakan LMR pada tahun 1960. Pijakan itu menjadi dasar bagi Direktorat Gizi Masyarakat yang mulai tahun 1970 memperingati hari tersebut.

Tahun 2024, Hari Gizi Nasional menginjak tahun ke-64, terhitung dari peringatan pertama oleh LMR tahun 1960.