Inilah 6 Jenis Minuman yang Mampu Turunkan Gula Darah Tinggi

Minuman Turunkan Gula Darah Tinggi

MENIT.CO.ID – Ingin tahu jenis minuman yang mampu turunkan gula darah tinggi? Yuk simak, inilah 6 jenis minuman untuk turunkan gula darah tinggi.

Bagi penderita diabetes atau pra-diabetes, mengontrol kadar gula darah merupakan hal yang krusial. Selain mengatur pola makan, pemilihan minuman pun tak boleh dianggap sepele.

Kabar baiknya, beberapa jenis minuman alami ternyata terbukti ampuh menurunkan gula darah tinggi. Penasaran apa saja? Simak daftarnya berikut ini:

1. Teh Hijau dan Teh Hitam

Kaya akan antioksidan katekin, kedua teh ini membantu meningkatkan metabolisme dan kemampuan tubuh membakar lemak. Teh hijau khususnya, memiliki epigallocatechin gallate (EGCG) yang berperan dalam regulasi glukosa darah.

2. Teh Kayu Manis

Hangat dan berkhasiat, teh kayu manis mengandung senyawa cinnamaldehyde yang dipercaya meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga sel-sel tubuh dapat menyerap glukosa lebih efektif.

3. Air Kelapa

Minuman alami ini rendah kalori dan kaya elektrolit, serta mengandung serat inulin yang dapat memperlambat penyerapan glukosa ke dalam darah. Air kelapa juga membantu hidrasi, faktor penting untuk pengendalian gula darah.

4. Jus Pare

Meski rasanya pahit, jus pare kaya akan polypeptide-P yang terbukti menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan fungsi pankreas. Konsumsi jus pare sebaiknya dibatasi dan di bawah pengawasan dokter, terutama bagi ibu hamil dan menyusui.

5. Jus Sayuran Hijau

Brokoli, bayam, dan sayuran hijau lainnya kaya akan serat dan antioksidan yang membantu mengontrol gula darah. Blender sayuran hijau favorit Anda dan nikmati segelas kesegaran sekaligus kesehatan.

6. Air Lemon

Air lemon kaya akan vitamin C dan antioksidan yang membantu meningkatkan sensitivitas insulin. Konsumsi air lemon sebaiknya tidak berlebihan, dan hindari menambahkan gula untuk menjaga kadar glukosa tetap stabil.

Catatan Penting:

Minuman tersebut memang bermanfaat, namun bukan pengganti pengobatan diabetes yang dianjurkan dokter.

Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk pemilihan minuman dan porsi yang tepat sesuai kondisi Anda. Tetap jaga pola makan sehat dan olahraga teratur untuk mengontrol gula darah secara optimal.

Jadi, penderita diabetes dan pra-diabetes tak perlu khawatir kehabisan pilihan minuman sehat. Nikmati keenam jenis minuman di atas dan rasakan manfaatnya dalam menurunkan gula darah tinggi.

Bersama langkah gaya hidup sehat lainnya, Anda bisa mengendalikan diabetes dan menjalani hidup yang lebih berkualitas.