Kabar Heboh Gagal Ginjal Misterius pada Anak Indonesia

Gagal Ginjal Akut Anak

Menit.co.id – Gagal Ginjal Misterius pada anak meningkat pada dua bulan terakhir. Lonjakan paling signifikan terjadi di bulan Agustus dan September 2022.

Kasus penyakit gagal ginjal akut pada anak meningkat pada dua bulan terakhir. Penyakit gagal ginjal misterius pada anak ini memunculkan dugaan dengan obat batuk.

Obat batuk buatan India di duga menyebabkan 69 anak di Gambia meninggal karena gagal ginjal. Lantas bagaimana respon Pemerintah Indonesia soal masalah ini?

Sekretaris Unit Kerja Koordinasi Nefrologi IDAI dr Eka Laksmi Hidayati, SpA(K) mengatakan meski sejauh ini para ahli memang belum menemukan penyebab langsung infeksi tersebut pada anak.

Namun ia menegaskan penyakit ini tidak berkaitan dengan obat batuk India. “Sudah di cek mengenai peredaran obat-obat, dan obat-obat yang di produksi di India itu tidak beredar di Indonesia,” katanya.

“Bahan baku obat Indonesia tidak ada yang berasal dari India, tapi ini mungkin akan lebih detail oleh Kemenkes karena IDAI tidak akan menginvestigasi sedetail itu,” dr Eka.

Kasus gagal ginjal misterius ini di sebut sudah ada sejak Januari, namun mulai melonjak di periode Agustus dan September. Sejauh ini belum ada pasien gagal ginjal kronis yang harus cuci darah rutin.

Penyakit ini terjadi secara mendadak dan memiliki kondisi pemburukan yang lebih cepat dari biasanya. Hal inilah yang membuatnya di sebut sebagai penyakit gagal ginjal misterius.

Sampai saat ini, sebagian besar penyakit gagal ginjal misterius di Indonesia terjadi pada anak usia di bawah lima tahun.