Konsumsi Telur Bikin Bisulan, Mitos atau Fakta?

Konsumsi TelurKonsumsi Telur

Menit.co.id – Konsumsi telur bikin bisulan? Berikut mitos atau fakta makan telur bisa bikin bisulan yang selama ini banyak orang bicarakan.

Makan telur dengan jumlah banyak kabarnya bisa bikin bisulan. Benarkah makan terlur bisa bikin bisulan? Ini mitos atau fakta makan telur bisulan?

Ketika makan telur dalam jumlah cukup banyak, mungkin Anda pernah mendengar ada yang berkomentar jangan banyak-banyak nanti bisa bisulan.

Benarkah makan telur bisa menimbulkan bisul? Menurut ahli gizi Ulva Rezatiara, dari Universitas Gadjah Mada mengemukakan fakta dan mitos terkait telur.

Termasuk anggapan terkait bisul timbul akibat kebanyak makan telur. Yuk langsung saja simak informasi lengkapnya melalui rangkuman di bawah ini.

“Belum ada penelitian yang mendukung hal tersebut, sehingga anggapan kebanyakan telur akan menyebabkan bisulan adalah mitos,” kata Ulva kepada ANTARA.

Kendati demikian, dia tidak menampik konsumsi telur pada orang yang alergi telur bisa menimbulkan reaksi seperti gatal-gatal dan bisul di kulit.

Bisul dapat timbul akibat kontak langsung dengan cairan bisul dari penderita bisul, kebersihan tubuh tidak terjaga, kekebalan tubuh lemah dan kebiasaan mencukur bulu atau rambut, kata dia.

Telur tak cuma bisa di konsumsi dalam keadaan matang, ada juga masyarakat yang terbiasa makan telur mentah seperti di Jepang.

Salah satu menu yang sering di makan di Negeri Sakura adalah tamago kake gohan. Di mana telur mentah diletakkan di atas nasi, kemudian dicampurkan dengan menambah sedikit kecap shoyu.

Menurut Ulva, telur mentah boleh saja dikonsumsi jika memang kualitasnya sudah terjamin. Telur yang boleh dikonsumsi mentah adalah telur yang masih segar, bukan telur yang sudah lama disimpan, serta bersih.

“Dan telur sudah dalam keadaan pasteurisasi, telur sudah disterilisasi,” jelas dia.

Bila kualitas telur tidak terjamin, ada risiko infeksi bakteri dan virus seperti salmonella, diare, keracunan, bahkan gangguan pada janin jika yang mengonsumsi telur mentah adalah ibu hamil.

Dia menjelaskan kandungan gizi telur yang diolah memang sedikit berkurang dibandingkan telur mentah, tapi tidak jauh berbeda. Oleh karena itu, dia menyarankan agar telur dikonsumsi dalam keadaan matang.