Lanal Dumai Maksimalkan Pemberian Vaksin Covid-19 Masyarakat Maritim

  • Bagikan
Masyarakat Maritim
Seorang perempuan yang sedang menggendong anaknya menerima suntikan vaksin Covid-19 dari petugas kesehatan di Balai Pengobatan Lanal Dumai.

Menit.co.id – Pangkalan TNI AL (Lanal) Kota Dumai terus memaksimalkan pemberian vaksin Covid-19 untuk masyarakat maritim dalam rangka mendukung pelaksanaan vaksinasi nasional untuk mengurangi penyebaran virus corona.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono telah mengerahkan seluruh jajaran TNI AL yakni sumber daya manusia (SDM) dan peralatan untuk memerangi pandemi Covid-19.

Dijelaskannya, totalitas TNI AL tersebut untuk mendukung pemerintah dalam melaksanakan serbuan vaksinasi dengan target 1 juta sehari. Maka dari itu, diharapkan kerja maksimal jajaran TNI AL.

“Keputusan didasarkan situasi bangsa dan negara yang saat ini sedang mengalami pandemi Covid-19 yang semakin parah dan semakin merebak ke seluruh wilayah Indonesia,” ujarnya.

Menurut Yudo, situasi bangsa dan negara saat ini sedang menghadapi pandemi Covid-19 yang semakin parah dan semakin merebak dan butuh keras seluruh komponen dalam memberikan vaksin kepada masyarakat.

“Bahu-membahu melakukan vaksinasi baik untuk anggota, keluarga, dan masyarakat sipil. Mari kita kerja keras memberikan vaksin kepada masyarakat demi menekan penyebaran virus Covid-19 yang melanda negeri ini,” tutur Yudo Margono.

Tak lupa, Kasal TNI AL ini mengingatkan kepada tenaga kesehatan beserta jajarannya agar tetap melaksanakan protokol kesehatan dalam melaksanakan vaksinasi kepada masyarakat diwilayah kerjanya.

“Jangan lupa prokes ketat. Kita harus bersama-sama menyukseskan program vaksinasi nasional ini. Sehingga masyarakat kita semua dapat menerima vaksin Covid-19,” tutup Laksamana TNI Yudo Margono.

Komandan Lanal Dumai Kolonel Laut (P) Himawan, MMSMC mengatakan vaksinasi yang dilaksanakan sudah dilakukan sebanyak lima kali. “Dari 5 kali kegiatan, 1 kali kita gandeng Dinas Kesehatan dan 4 kali kita lakukan secara mandiri,” ujarnya.

masyarakat maritim dumai terima vaksin lanal
Antusias masyarakat maritim menunggu antrian suntikan vaksin Covid-19 dari petugas kesehatan di Balai Pengobatan Lanal Dumai.

Pada pelaksanaan vaksin Covid-19, kata Himawan, respon masyarakat maritim Kota Dumai cukup baik. Masyarakat sangat antusias mengikuti program vaksinasi dalam rangka menekan penyebaran Covid-19 di Kota Dumai.

“Respon masyarakat kita cukup baik. Mereka sangat antusias setiap ada kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan Lanal Dumai. Antusias masyarakat membuat kita semangat mendukung progam vaksinasi nasional ini,” jelasnya.

Pada pelaksanaan vaksinasi sendiri, kata Himawan, tetap menerapkan standar protokol kesehatan baik itu untuk tenaga kesehatan maupun masyarakat yang menerima vaksinasi.

“Prokes kita jalankan secara maksimal. Kita tidak ingin abai dalam melaksanakan vaksinasi. Jangan sampai kita menimbulkan gelombang baru penyebaran virus Corona setiap melaksanakan vaksin,” katanya.

Sebagai data pendukung, Sabtu (17/7/2021) telah dilaksanakan vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat maritim di Balai Pengobatan Lanal Dumai yang berada di Jalan Tanjung Jati, Kelurahan Buluh Kasap, Kecamatan Dumai Timur.

Pantauan dilapangan antusias masyarakat maritim Kota Dumai cukup baik dengan pelaksanaan vaksinasi yang diselenggarakan Lanal Dumai dalam rangka mendukung program vaksinasi nasional sesuai target dan mengakhiri pandemi Covid-19.

Suksesi vaksinasi ini, Lanal Dumai menurunkan 10 tenaga kesehatan. Penerima vaksin yang mendaftar sebanyak 161 orang. Dari 161 peserta penerima vaksin tahap I =112 orang, tahap II = 40 orang dan 9 orang tidak menerima vaksin karena alasan medis.

  • Bagikan