No Bra Day 2022, Ini Sejarah Hari Tanpa Bra

No Bra Day 2022

Menit.co.id – No Bra Day 2022 merupakan peringatan hari tanpa bra yang jatuh setiap tanggal 13 Oktober setiap tahunnya. Penasaran dengan peringatan ini?

Bagi perempuan Indonesia sendiri, biasanya hanya saat mau tidur saja melepas bra. Sisanya pasti selalu memakai bra. No bra day untuk meningkatkan kesadaran pada deteksi dini kanker payudara.

No Bra Day di inisiasi oleh dokter bedah plastik Kanada, Mitchell Brown pada 2011 lalu. Brown ingin perempuan dapat melakukan deteksi dini kanker payudara.

Brown menggagas Breast Reconstruction Awareness (BRA) Day yang bertujuan untuk mengedukasi perempuan saat menghadapi mastektomi. Tak lama, banyak aktivis menggaungkan tagar #nobraday.

Gerakan ini viral sehingga 13 Oktober ditetapkan sebagai Hari Tanpa Bra. Dari Kanada, gerakan ini menyebar ke seluruh dunia dan diperingati secara global.

Apa Itu No Bra Day 2022?

Hari Tanpa Bra Sedunia mengajak para perempuan untuk tidak memakai bra. Ajakan ini merupakan bentuk kepedulian untuk para penyintas kanker payudara.

Di mana tidak bisa keluar rumah tanpa bra untuk menahan payudara buatan setelah menjalani operasi pengangkatan payudara.

Diharapkan dengan adanya hari ini, para perempuan dapat menyadari bahaya kanker payudara sehingga dapat melakukan tindakan pencegahan.

Kanker payudara merupakan satu dari sedikit kanker yang dapat di deteksi secara dini. Selain itu, sebagian besar jenis kanker payudara dapat diobati jika ditemukan semenjak dini.

Kanker payudara juga dapat di cegah dengan melakukan gaya hidup sehat seperti makan makanan yang bergizi, tidur yang cukup, berolahraga, dan tidak merokok.

Hindari pula makanan yang dapat memicu kanker payudara seperti daging merah, daging yang diproses, alkohol, gula, dan susu tinggi lemak.

Di momen no bra day, berapa kali harusnya ganti bra? Tenang, tak ada ilmu pasti berapa hari sekali tepatnya Anda harus ganti bra dan mencucinya.

Dokter kulit Alok Vij, MD, mengatakan Anda harus mencucinya setelah setiap dua hingga tiga kali pemakaian, sebagai aturan umum.

“Beberapa jam dengan bra dengan sedikit keringat mungkin tidak dihitung sebagai ‘pakaian’ seharian penuh,” katanya dikutip dari Health Cleveland Clinic.

“Tetapi memakai bra beberapa jam dengan keringat berlebih bisa dihitung sebagai dua kali lipat pemakaian seharian atau tiga kali lipat.”

Dia juga mengungkapkan bahwa bra juga bisa dipakai dua hari berturut-turut.

“Anda bisa memakai bra yang sama dua hari berturut-turut, selama Anda melepasnya selama beberapa jam di antaranya untuk memungkinkan bra rileks,” kata Vij.

Selamat no bra day dan jangan lupa untuk mencegah dan mengurangi risiko kanker payudara.