Pakar Ingatkan Jaga Kesehatan Tubuh Sebelum Vaksin Covid-19

  • Bagikan
Vaksin covid-19

Menit.co.id – Pakar mengatakan tidak ada persiapan spesifik yang harus dilakukan jelang menerima vaksinasi dan masyarakat harus menjaga kesehatan tubuh.

Vaksin covid-19 mulai diberikan secara bertahap ke masyarakat Indonesia sejak Januari 2021. Saat ini, pemberian vaksin sebagian besar daerah-daerah sudah memasuki tahap kedua yang diperuntukkan kepada pelayan publik dan lanjut usia.

Pakar virologi dan imunologi UGM, dr Mohamad Saifudin Hakim mengatakan, tidak ada persiapan spesifik dari sisi medis yang harus dilakukan jelang menerima vaksinasi covid-19. Seperti harus mengonsumsi makanan, minuman atau obat-obat tertentu.

Petugas memindahkan boks berisi vaksin COVID-19 Sinovac kiriman dari Bio Farma ke tempat penyimpanan vaksin di gudang farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Tambakaji, Ngaliyan, Semarang, Jawa Tengah.

BACA : BPOM Kritik Hasil Uji Klinis Tahap Satu Vaksin Nusantara di DPR

Namun, ia berharap, sebelum menerima vaksin masyarakat dapat memperhatikan hal-hal tertentu agar memperoleh hasil optimal. Salah satunya dengan tetap menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh seperti mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang.

“Selanjutnya, istirahat yang cukup, hindari melakukan kegiatan-kegiatan berat yang mengakibatkan kelelahan sehingga saat menerima vaksin kondisi tubuh dalam keadaan prima,” kata Saifudin, Jumat (12/3).

BACA : Persamaan dan Perbedaan Vaksin AstraZeneca dari Sinovac

Terkait konsumsi obat pereda rasa nyeri, ia menegaskan, itu tidak disarankan karena injeksi vaksin hanya menimbulkan nyeri yang ringan. Saifudin mengingatkan, obat pereda nyeri hanya diberikan atas indikasi dokter dalam kondisi tertentu.

Demikian pula obat anti alergi yang tidak disarankan dikonsumsi jelang vaksinasi. Saifudin menambahkan, sebelum vaksin petugas kesehatan akan melakukan skrining riwayat kesehatan dan tidak diberikan bila ada riwayat alergi ke komponen vaksin.

“Jangan lupa tetap patuh menerapkan protokol kesehatan 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta membatasi mobilitas,” ujar Saifudin.

  • Bagikan