Pencegahan Virus Covid-19 yang Perlu Kamu Lakukan

  • Bagikan
Pencegahan Virus Covid-19

Menit.co.id – Berjalannya waktu, virus covid-19 berkembang biak menjadi berbagai macam varian. Untuk menghindari Covid-19, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan. Sebab, virus corona varian delta lebih mudah menular.

Supaya kamu terhindar dari infeksi virus tersebut, cobalah untuk selalu menggunakan masker, meski Anda sudah mendapat suntikan vaksin Covid-19. Apalagi, jika Anda berada di tempat umum dengan risiko penularan Virus Corona yang cukup tinggi.

Jumlah virus corona varian delta di nasofaring orang yang sudah divaksin 1000 kali lebih banyak dari varian virus sebelumnya. Hal itu menunjukkan, memakai masker merupakan protokol kesehatan yang penting untuk dilakukan.

Tak hanya di luar ruangan, memakai masker selama pandemi virus corona berlangsung juga perlu Anda lakukan saat Anda berada di dalam ruangan. Terlebih, jika Anda berkumpul dengan orang-orang yang rentan terinfeksi Covid-19.

Mengutip dari Eatthis.com, beberapa kelompok yang lebih berisiko terinfeksi virus corona adalah orang tua, orang dengan kondisi sistem imun yang lemak, dan anak-anak yang belum divaksin.

Selain melindungi diri sendiri, memakai masker juga bisa mencegah transmisi virus corona yang datang dari tubuh Anda. Meski masih bisa terinfeksi, bukan berarti Anda bisa mengabaikan vaksin Covid-19, ya.

Mendapat suntikan vaksin akan membuat tubuh Anda lebih terlindungi. Saat terinfeksi virus corona pun, vaksin akan menurunkan risiko kematian dan tingkat keparahan penyakit tersebut.

Tidak hanya vaksinasi dan memakai masker, protokol kesehatan lain juga perlu Anda lakukan secara disiplin. Pastikan untuk tidak melakukan kegiatan di luar rumah yang mengakibatkan Anda bertemu banyak orang.

Jika Anda terpaksa untuk melakukan hal tersebut, usahakan untuk selalu menjaga jarak. Pilihlah jenis masker dan pakailah sesuai dengan standar kesehatan yang berlaku.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan tangan dengan mencucinya memakai sabun dan air mengalir atau memanfaatkan hand sanitizer.

Pencegahan Virus Covid-19 pada anak-anak

Dampak Pandemi Covid-19 tak hanya menyerang orang dewasa saja, namun juga turut menghantui anak-anak. Hal ini menjadi sebuah kekhawatiran bagi orang tua kepada buah hatinya.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan berdasarkan update data 13 Agustus bahwa 12,9% kasus positif nasional berasal dari anak-anak usia 0-18 tahun.

Untuk itu, Wiku pun menyampaikan beberapa cara pencegahan yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan pada anak-anak. Di antaranya yakni melindungi anak-anak khususnya bagi mereka yang belum tervaksinasi ialah menghindari aktivitas berisiko demi menekan peluang penularan.

“Salah satu upaya pemerintah untuk mengendalikan ini ialah dikeluarkannya SE Satgas No.17 Tahun 2021 terkait perjalanan dalam negeri dimana anak berusia <12 tahun untuk sementara tidak diperbolehkan untuk melakukan perjalanan,” jelas Wiku kepada Kontan.co.id, Minggu (15/8).

Sebab, dia bilang, apabila anak-anak terpapar maka gejala yang ditimbulkan pada anak-anak yang positif Covid-19 akan beragam, tergantung tingkat keparahannya. Namun umumnya yakni demam.

Sementara itu, terkait prosedur perawatan pasien untuk anak yang paling membedakan ialah ruang perawatan untuk pasien anak dan dewasa akan berada pada instalasi yang berbeda.

“untuk pasien anak ini dibolehkan ada pihak keluarga yang mendampingi dengan APD lengkap selama perawatan dilakukan. Sedangkan pengobatannya kurang lebih sama dengan orang dewasa, mempertimbangkan tingkat gejalanya,” tutup dia.

  • Bagikan