Penting bagi Kesehatan, Begini Cara Menjaga Kualitas Tidur

  • Bagikan
Cara Menjaga Kualitas Tidur di Masa Pandemi
Cara Menjaga Kualitas Tidur di Masa Pandemi

Menit.co.id – Penting bagi Kesehatan dalam menjaga kualitas tidur.  Harus dijaga dengan baik karena berpengaruh terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, ada beragam cara yang bisa Anda lakukan, mulai dari menerapkan pola tidur yang benar hingga mengonsumsi produk herbal.

Meski terlihat sepele, kebiasaan tidur yang buruk bisa membahayakan kesehatan Anda, apalagi jika terus dilakukan dalam waktu yang lama.

BACA : Kekurangan Vitamin D Bikin Tubuh Mudah Sakit dan Rambut Rontok

Penelitian menunjukkan bahwa orang dengan kualitas tidur yang buruk memiliki daya tahan tubuh yang lebih lemah, sehingga lebih rentan mengalami infeksi.

Bahaya akibat Kualitas Tidur yang Buruk

Tidur yang berkualitas adalah yang bisa membuat Anda merasa segar ketika bangun di pagi hari. Waktu tidur yang ideal bagi orang dewasa adalah 7–8 jam setiap malamnya.

Bahaya yang mengintai di balik kualitas tidur yang buruk ada beragam, di antaranya:

Penurunan daya ingat

Tidur yang cukup dan berkualitas penting untuk meningkatkan konsentrasi dan produktivitas. Tak heran, orang yang kualitas tidurnya buruk cenderung kurang produktif, kurang bisa memecahkan masalah dengan baik, dan memiliki daya ingat yang lebih buruk daripada orang yang cukup tidur.

Penurunan daya tahan tubuh

Bahaya kualitas tidur yang buruk berikutnya adalah menurunnya daya tahan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidurnya kurang dari 7 jam selama 3 malam berturut-turut lebih berisiko untuk terkena flu daripada orang yang tidur selama 8 jam atau lebih.

Selain risiko terkena infeksi, risiko untuk terkena gangguan pencernaan, seperti masuk angin, juga akan meningkat.

Kenaikan berat badan

Orang yang kurang tidur cenderung memiliki berat badan berlebih dibandingkan orang yang tidurnya cukup. Sebuah studi memperlihatkan bahwa anak-anak dan orang dewasa dengan waktu tidur yang pendek lebih berisiko untuk mengalami obesitas.

Dampak kurangnya waktu tidur terhadap kenaikan berat badan diyakini dipicu oleh sejumlah faktor, termasuk gangguan pada keseimbangan hormon, peningkatan nafsu makan, dan penurunan motivasi untuk berolahraga.

Cara Meningkatkan atau Menjaga Kualitas Tidur

Agar Anda tetap fit dan bugar terutama di masa pandemi ini, pastikan untuk memerhatikan kualitas tidur Anda. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas tidur, antara lain:

  • Tidur dan bangun tidur secara teratur setiap harinya, tentunya dengan waktu tidur yang cukup
  • Tidak tidur siang lebih dari 30 menit, kecuali jika harus bekerja di malam hari atau usai lembur
  • Membatasi aktivitas menjelang tidur, terutama olahraga berat dan bermain gadget, setidaknya 1–3 jam sebelum tidur
  • Mengelola stres dan overthinking dengan melakukan teknik relaksasi sederhana menjelang waktu tidur
  • Tidak mengonsumsi makanan berat dan minuman berkafein beberapa jam sebelum tidur, karena hal ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman di perut dan mengganggu kualitas tidur
  • Menciptakan suasana tidur yang nyaman dan tenang, misalnya dengan mematikan lampu kamar, menyalakan AC atau kipas angin, dan mematikan TV
  • Bagikan