PTM Adalah Kepanjangan Pembelajaran Tatap Muka

PTM Adalah

Menit.co.id – PTM adalah singkatan dari kata Pembelajaran Tatap Muka yang saat ini menjadi trending topik di Google Trends.

PTM adalah kegiatan sekolah yang melakukan proses belajar secara langsung dan tidak lagi menggunakan pembelajaran daring.

Di mana saat ini, DKI Jakarta sedang melakukan pembelajaran tatap muka 50 persen. Mengingat kondisi pandemi coronan mulai menurun.

Dengan berlakunya PTM, maka proses belajar tidak lagi menggunakan sistem online. Pembelajaran tatap muka menjadi solusi berlajar tatap muka.

Kepala Bidang Humas Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taga Radja Gah, mengatakan, pihaknya akan menyesuaikan pembelajaran tatap muka.

Surat Edaran Kemendikbud Ristek Nomor 2 Tahun 2022 Rabu (2/2/2022). Menurutnya, wilayah dengan status PPKM level dua, akan melaksanakan belajar tatap muka 50 persen.

Taga menjelaskan, kabar yang baru ada saat ini, akan di teruskan dengan sosialisasi pada para kepala sekolah di semua wilayah kerja Pemprov DKI.

Selanjutnya, kata dia, para kepala sekolah akan menginformasikan kabar tersebut pada para orang tua peserta didik melalui grup media daring.

Di tanya usulan DKI terkait penundaan PTM selama sebulan melalui Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, yang di tolak Luhut Binsar Pandjaitan, Taga menampiknya.

Menurut dia, pembatasan yang ada saat ini seharusnya di pandang sebagai progres yang baik. “Intinya DKI sangat menyelaraskan kebijakan ini,” kata dia.

Menurutnya, PTM yang di lakukan DKI sejauh ini terbukti konsisten. Utamanya, saat DKI melakukan PTM 100 persen sesuai dengan SKB empat Menteri.

Terkait mekanisme pembelajarannya, kata Taga, akan di lakukan dengan pendekatan blended learning. Hal itu, mengingat adanya belajar di rumah dan sekolah.