RSUD Kota Dumai Sukses Melaksanakan Serbuan Vaksin Moderna

RSUD Dumai Sukses Melaksanakan Serbuan Vaksin Moderna

Menit.co.id – RSUD Kota Dumai sukses melaksanakan kegiatan vaksin moderna untuk tenaga kesehatan dalam rangka upaya pecegahan virus corona.

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dumai melaksanakan vaksinasi tahap ke tiga bagi tenaga medis, sesuai dengan arahan pemrintah.

Sebanyak 600 tenaga medis mendapatkan vaksinasi tahap ketiga yang akan di laksanakan secara bertahap sesuai pembagian jadwal yang sudah ada.

“Sesuai dengan data yang ada dan sudah screaning. Ada sekitar 600 tenaga medis RSUD Dumai berhasil kita berikan vaksin tahap ke tiga,” kata Wadir Pelayanan RSUD Dumai, dr Ferianto SpAn KIC MSc.

Di tambahkan Ferianto, untuk vaksinasi tahap ketiga ini, pihaknya menggunakan vaksin moderna. Beda dari vaksin pertama dan kedua yang menggunakan vaksin sinovac.

“Kami mengutamakan perawat, bidan dan dokter terlebih dahulu mendapatkan vaksin dan nanti di lanjutkan dengan tenaga medis lainnya,” kata Ferianto, baru-baru ini.

“Pada proses vaksinasi tidak ada kendala berarti yang kami hadapi. Karena tenaga kesehatan sudah tau manfaat vaksinasi dosis ketiga tersebut dan semua mendukung vaksinasi ini,” tambahnya.

Mengerti pentingnya vaksin ini, jadi lebih mudah melakukan vaksinasi kepada para nakes. Sehingga tidak ada kendala atau pengunduran jadwal pemberian vaksin kepada tenaga kesehatan.

612 Tenaga Kesehatan RSUD Kota Dumai Terima Vaksin Moderna

Pemerintah Kota Dumai melalui tim satuan tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Dumai terus menggesa vaksinasi booster atau tahap ketiga kepada tenaga kesehatan Kota Dumai.

Sepekan pelaksanaan vaksinasi di tengah tenaga kesehatan terus bekerja menangani kasus Covid-19 Kota Dumai, sebanyak 612 tenaga kesehatan RSUD Kota Dumai sudah di suntikan vaksin moderna.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Dumai, dr Syaiful mengungkapkan, bahwa Nakes menjadi tembok terakhir dan ujung tombak penanganan pasien Covid-19 di Kota Dumai.

Untuk mencegah penularan Covid-19, Pemerintah memberikan vaksin booster atau vaksinasi tahap ketiga khusus kepada Nakes RSUD Kota Dumai.

Ia menambahkan, vaksinasi booster bagi nakes untuk memaksimalkan perlindungan untuk mencegah penularan Covid-19, sebab Nakes merupakan perlindungan terakhir penanganan Covid-19.

“Vaksinasi booster bagi Nakes menggunakan vaksin Moderna buatan Amerika bantuan dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau untuk Kota Dumai,”katanya.

Syaiful menjelaskan, sudah 612 nakes yang di vaksinasi Booster. Sedangkan masyarakat umum ada 376 orang yang sudah mendapatkan suntik vaksin dosis pertama jenis Moderna.

Dengan ketersediaannya vaksin Moderna ini, jelas Syaiful, masyarakat umum di perbolehkan untuk menggunakan vaksin Moderna di tahap 1 dan 2.

“Vaksin Moderna bisa di peroleh masyarakat umum yang mau di vaksin. Masyarakat juga antusias dengan adanya vaksin moderna ini,” imbuhnya.

Syaiful menerangkan, vaksin Moderna bagus untuk membentuk kekebalan tubuh nakes agar tidak tertular virus Corona.

Moderna buatan Amerika, memiliki efek samping atau efek lokal yang lebih terasa jika di bandingkan dengan vaksin Sinovac.

“Setelah di suntik menggunakan vaksin Moderna, anti bodi langsung terbentuk ditandai dengan meningkatnya suhu tubuh atau demam, ini bagus untuk booster nakes,” terangnya.

Selain itu, tambahnya, yang punya kormobit juga lebih aman disuntik dengan vaksin Moderna, sehingga masyarakat umum bisa segera memanfaatkan peluang ini.

Artikel Galeri Foto ini bentuk kerjasama dengan Rumah Sakit Umum Daerah Kota Dumai.

 

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS