Simak 4 Cara Sederhana Menurunkan Asam Urat Tinggi

Menurunkan Asam Urat

MENIT.CO.ID – Sudah tahu cara sederhana menurunkan asam urat tinggi pada pagi hari? Jika belum, simak informasi lengkapnya melalui ulasan berikut ini.

Asam urat yang berlebihan dalam tubuh dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan, seperti nyeri sendi, penyakit asam urat, dan pembentukan batu ginjal.

Asam urat merupakan hasil sampingan alami dari proses pencernaan makanan yang mengandung purin. Biasanya, tubuh kita mengeluarkannya melalui ginjal dan urine.

Namun, jika tubuh kita mengonsumsi terlalu banyak purin atau tidak mampu mengeluarkannya dengan cukup cepat, maka kadar asam urat dalam darah bisa meningkat.

Tetapi, ada beberapa tindakan sederhana yang dapat dilakukan pada pagi hari untuk membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

Berikut adalah empat cara menurunkan kadar asam urat di pagi hari, sebagaimana dilaporkan oleh Healthline pada Senin (11/9/2023):

1. Minum Lebih Banyak Air Putih

Meningkatkan asupan cairan membantu ginjal dalam menghilangkan asam urat lebih efisien. Ginjal bertanggung jawab menyaring sekitar 70 persen asam urat dalam tubuh.

Pastikan untuk selalu membawa botol air minum dan mengatur pengingat untuk minum air putih setiap jam.

2. Mengonsumsi Kopi

Beberapa penelitian menunjukkan bukti bahwa kafein memiliki potensi untuk menurunkan kadar asam urat. Meskipun begitu, perlu penelitian lebih lanjut untuk mengklarifikasi pengaruh kopi secara pasti terhadap kadar asam urat.

3. Mengurangi Konsumsi Makanan Tinggi Purin

Kurangi makanan tinggi purin, seperti daging merah, seafood, dan alkohol, terutama saat pagi hari. Semua makanan ini berkontribusi pada peningkatan kadar asam urat saat dicerna.

Sebagai gantinya, pilihlah makanan rendah purin, seperti sayuran hijau, tomat, dan biji-bijian.

4. Hindari Gula

Fruktosa adalah jenis gula alami yang terdapat dalam buah-buahan dan madu. Ketika tubuh memecah fruktosa, itu akan melepaskan purin dan dapat meningkatkan kadar asam urat.

Ingatlah bahwa fruktosa dalam minuman akan diserap lebih cepat daripada fruktosa dalam makanan utuh karena minuman tidak mengandung serat, protein, atau nutrisi lainnya.

Gula tambahan dalam makanan juga dapat meningkatkan kadar gula darah dan menyebabkan peningkatan kadar asam urat.

Itulah tadi empat cara sederhana yang bisa membantu menurunkan asam urat tinggi di pagi hari. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk Anda semua.