Tips Edukasi Anak Tentang Virus Corona Tanpa Bikin Takut

    Kamis, 19 Maret 2020 - 16:06 Editor : Redaksi Dibaca : 101 Views

    Menit.co.id Psikolog Universitas Indonesia Dr. Rose Mini Agoes meminta kepada seluruh orangtua tak perlu cemas dengan pandemi Corona atau Covid-19. Sebab, hal itu akan membuat anak ikut cemas dan khawatir, sehingga berdampak pada kesehatannya.

    “Masalahnya cemas itu sangat mudah ditularkan dalam arti kata, orangtua yang cemas akan membuat anaknya menjadi cemas. Oleh karena itu jangan memberikan informasi bahwa Corona ini akan mati,” katanya di BNPB, Jakarta Timur, Kamis (19/3).

    Oleh karena itu, ajaran anak untuk hidup sehat dan sampaikan kepada mereka kalau Corona ini dapat dimusnahkan.

    “Beri anak pemahaman virus Corona bisa dicegah dan disembuhkan, tegaskan pula bukti orang yang terkena virus bisa sembuh, namun untuk itu kita harus memperhatikan beberapa hal. Nah langkah selanjutnya adalah mengajak anak untuk menerapkan pola hidup sehat, terapkan pola kehidupan sehat yang menjaga diri dan lingkungannya termasuk makan yang sehat, berolahraga,” jelasnya.

    Katakan pada anak, pola hidup sehat akan meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan virus Corona ini. Orangtua juga harus banyak mencontohkan pola hidup sehat.

    Lalu, lanjutnya, pertayaan yang sering timbul harus dilakukan untuk mencegah Covid-19 ini. Jelaskan kepada anak contoh dari hidup sehat. Selain itu, contohkan pula kepada anak apabila sakit.

    “Beritahu pada anak langkah-langkah pencegahan yang bisa dilakukan agar tidak terkena virus ini. Misalnya dengan cara rutin mencuci tangan diajarkan juga dengan baik bagaimana cara mencuci tangan tidak hanya ditaruh di air keran kemudian beres. Lalu gunakan masker saat anak kita sakit atau juga kalau pergi keluar tempatnya memang terpaksa masuk rumah sakit atau bagaimana sebaiknya menggunaan masker. Tidak boleh pegang mata, hidung, semua yang ada di kepala kita terutama khususnya mata, hidung, mulut dan sebagainya atau telinga sehingga mereka tahu lalu tangannya belum dicuci sebaiknya tidak memegang,” pungkasnya.

     

    Sumber: merdeka.com



    Komentar Pembaca:

    Menit.co.id sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.