Tips Supaya Tidak Mabuk Perjalanan Ketika Sedang Pergi Liburan

Tips Supaya Tidak Mabuk Perjalanan

MENIT.CO.ID – Ini tips supaya tidak mabuk perjalanan ketika sedang pergi liburan pada akhir tahun 2023. Simak apa saja tips-tipsnya melalui ulasan berikut ini.

Liburan merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Setelah bekerja keras selama sepekan, liburan menjadi kesempatan untuk melepas penat dan menikmati waktu bersama keluarga atau teman-teman.

Namun, liburan yang menyenangkan bisa terganggu jika Anda mengalami mabuk perjalanan.

Mabuk perjalanan adalah kondisi yang ditandai dengan mual, muntah, pusing, dan sakit kepala saat sedang bepergian.

Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti gerakan yang tidak teratur, bau yang menyengat, dan rasa lapar atau kenyang.

Tips Supaya Tidak Mabuk Perjalanan

Agar liburan Anda tidak terganggu oleh mabuk perjalanan, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda coba:

  • Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup sebelum bepergian dapat membantu tubuh Anda lebih rileks dan mengurangi risiko mabuk perjalanan.

  • Jangan makan terlalu berat

Makan terlalu berat sebelum bepergian dapat membuat perut Anda terasa penuh dan mual. Sebaiknya, makanlah makanan ringan yang mudah dicerna, seperti roti tawar, biskuit, atau buah-buahan.

  • Minum obat anti mabuk

Obat anti mabuk dapat membantu mengurangi gejala mabuk perjalanan. Anda bisa membeli obat anti mabuk di apotek tanpa resep dokter.

  • Hindari membaca buku atau menggunakan handphone

Membaca buku atau menggunakan handphone saat bepergian dapat membuat Anda lebih mudah mual. Sebaiknya, alihkan perhatian Anda dengan mengobrol dengan teman atau anggota keluarga, atau mendengarkan musik.

  • Duduk dengan posisi nyaman

Duduk dengan posisi yang nyaman dapat membantu mengurangi gejala mabuk perjalanan. Sebaiknya, duduk di kursi depan yang menghadap ke depan.

  • Hindari bau yang menyengat

Bau yang menyengat, seperti parfum, asap rokok, atau bau makanan tertentu, dapat memperparah gejala mabuk perjalanan. Sebaiknya, hindari bau-bauan tersebut saat bepergian.

  • Berhenti sejenak

Jika Anda mulai merasakan gejala mabuk perjalanan, sebaiknya berhenti sejenak untuk beristirahat. Anda bisa keluar dari kendaraan dan menghirup udara segar.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat mengurangi risiko mabuk perjalanan dan menikmati liburan Anda dengan lebih menyenangkan.